News  

Kapolres Toraja Utara Bersama Forkopimda Ikuti Zoom Meeting Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Dalam rangka mempercepat penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Toraja, Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K mengikuti zoom meeting yang dilaksanakan di Kantor Gabungan Dinas Marante Jln. Poros Rantepao-Palopo Kec. Tondon Kab. Toraja utara, Rabu (15/03/2023).

Selain Kapolres Toraja Utara, hadir dalam kegiatan zoom meeting tersebut yaitu, Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong, ST, Dandim 1414/Tator Letkol Inf. Monfi Ade Candra, S.I.P.,M.Han, Sekda Toraja Utara Ir. Salfius Pasang, serta para Kepala Dinas.

Zoom meeting yang diikuti oleh 24 kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Selatan tersebut dipimpin langsung oleh Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P merupakan kegiatan Roadshow Virtual untuk mendapatkan laporan terkait penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Dalam kegiatan tersebut, Sulawesi Selatan merupakan provinsi ke-14 dari persentase Keluarga Desil 1 (rumah tangga dalam kelompok 10% terendah) beresiko stunting sesuai data P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem).

Pada keluarga Desil 1 juga didapati keluarga beresiko stunting, dengan spesifikasi lebih dari 50% keluarga desil 1 pada setiap Kabupaten/Kota beresiko stunting. Hal ini berarti penanganan kemiskinan ekstrim dan stunting saling beririsan. Yang intinya menyelesaikan kemiskinan ekstrim juga akan mengurangi stunting.

Pada akhir kegiatan beberapa fakta yang bisa dijadikan bahan evaluasi bersama yakni seperti tingkat kesadaran akan kesehatan atau perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), belum maksimalnya Masyarakat menggunakan tenaga kesehatan seperti di Puskesmas maupun Posyandu.

Percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrim sendiri selain merupakan program prioritas dari Pemerintah Pusat yang telah diatur dalam Pepres tahun 2022 juga merupakan salah satu dari program Bapak Kapolri, untuk kemudian direalisasikan dan didukung oleh seluruh pihak yang terkait didalamnya.(*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki