News  

Kecewa Dengan Bupati Toraja Utara, Aksi KNPI Bakar Kursi dan Meja di Halaman Gedung Ex Kantor DPRD

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | DPD KNPI Toraja Utara bersama puluhan Organisasi Kepemudaan (OKP) Toraja Utara menggelar Aksi di depan gedung ex Kantor DPRD Toraja Utara yang juga bekas sekretariat DPD KNPI Toraja Utara.

Dalam aksi yang digelar oleh KNPI dan puluhan OKP di depan ex Kantor DPRD hampir terjadi bentrok antata KNPI dan Satpol PP. Beruntung beruntung masih dapat di tengarai oleh Kasatpol, Kepolisian dan Kodim 1414 Tana Toraja.

KNPI meminta kepada Wakil Bupati Toraja Utara memfasilitasi untuk mempertemukan kami KNPI bersama Bupati Toraja Utara.

Bahkan salah satu Pengurus KNPI mengatakan bahwa kami sudah mengajukan persuratan untuk bertemu Bupati di Kantor Bupatu Marante, tetapi Bupati tidak mau menemui kami KNPI.

Anto Palimbong selaku Wakil Ketua II DPD KNPI Toraja Utara dengan nada keras di hadapan Wakil Bupati Toraja Utara untuk tetap menentukan tempat atau sekretariat KNPI Toraja Utara.

Anto Palimbong meminta kepada Wakil Bupati Toraja Utara selaku Pemerintah untuk memberikan 3 ruangan yang berada di gedung bekas ex kantor DPRD Toraja Utara.

Wakil Bupati tidak bisa mengambil keputusan hari ini, di karenakan sudah ada keputusan awal yang di keluarkan oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang bahwa gedung ini tetap diberikan Dinas PTSP Toraja Utara.

Frederik Victor Palimbong juga menyampaikan kepada pengurus KNPI Toraja Utara dan sejumlah OKP bahwa akan menyampaikan ke Bupati untuk dibicarakan bersama dan bagaimana mencari solusi yang terbaik untuk KNPI Toraja Utara.

Lanjut Wakil Bupati bahwa apa yang menjadi dialog atau diskusi kita hari ini, akan saya sampaikan ke Bupati untuk mencarikan tempat untuk KNPI Toraja Utara,”ujar Frederik.

Ketua GMKI Cabang Toraja, Michael Kendek menyampailan dengan lantang akan tetap menempati Gedung ini, karena gedung ini adalah tempat atau rumah KNPI sejak lama.

“Ia juga menyampaikan bahwa Gedung KNPI mempunyai Histori atau sejarah, sehingga kami dari Pemuda akan tetap mempertahankan dan menempati Gedung Pemuda ini.

Pada kesempatan ini pula, salah satu Pengurus GMNI Toraja Utara, Septian menyampaikan aspirasinya di hadapan Wakil Bupati Toraja Utara bahwa kami Pemuda akan tetap menempati gedung Pemuda ini. Jadi kami semua Pemuda bersama KNPI dan OKP lainnya tetap mempertahankan Gedung Pemuda ini untuk kami tempati.

Hal yang sama di sampaikan Pengurus GAMKI Toraja Utara Bartho Tappangan Bato bahwa kami dari Pemuda akan tetap menempati gedung ini. Tidak ada alasan Pemerintah untuk tidak memberikan gedung kepada KNPI Toraja Utara.”Gedung Pemuda ini mempunyai nilai histori,”tegasnya.

Dalam Aksinya, KNPI Toraja Utara dan puluhan OKP tidak ada kesepakatan yang di bicarakan bersama Pemerintah dalam hal ini Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong.

Setelah melakukan dialog bersama Wakil Bupati Toraja Utara dan KNPI yang tidak menemukan solusi, Pengurus KNPI Toraja Utara dan puluhan OKP langsung membakar kursi dan mejanya di halaman ex Gedung Pemuda.

Kekecewaan ini KNPI dan OKP dilampiaskan dengar membakar asetnya sendiri, karena tudak adanya kepedulian Pemerintah dalam hal ini Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang.

Usai melakukan Aksinya di Gedung ex Kantor DPRD Toraja Utara, DPD KNPI Toraja Utara dan OKP melanjutkan aksinya ke Rumah Jabatan Bupati Toraja Utara di Lampan Pangli Kecamatan Sesean.

Aksi KNPI Toraja Utara dan Puluhan OKP ini di kawal oleh Puluhan Satpol PP, puluhan aparat kepolisian Polres Toraja Utara dan di bekab dari Kodim 1414 Tana Toraja. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki