News  

Terkait Tuntutan DPD KNPI Toraja Utara dan 30 OKP, Bupati Gelar Pertemuan Terbatas dan Tertutup, Adakah Solusinya…!!

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | DPD KNPI Toraja Utara bersama puluhan Organisasi Kepemudaan (OKP) Toraja Utara menggelar Aksi di depan gedung ex Kantor DPRD Toraja Utara yang juga bekas sekretariat DPD KNPI Toraja Utara, Kamis (13/04/2023) kemarin.

Dalam aksinya, Pengurus DPD KNPI Toraja Utara dan 30 OKP menuntut untuk kembali ke rumahnya (sekretariatnya) yang pernah di pakai Kantor DPRD Toraja Utara selama 13 Tahun sejak terbentuk Kabupaten Toraja Utara.

Aksi Demonstrasi DPD KNPI dan 30 OKP yang di gelar kemarin, Kamis 13 April 2023 tidak mendapat titik temu, walaupun kehadiran Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong mewakili Pemerintah untuk membicarakan terkait tuntutan pengurus KNPI dan OKP.

“Karena tidak adanya titik temu dari keinginan pengurus KNPI Toraja Utara, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda berjanji untuk mempertemukan dengan Bupati Toraja Utara pada Jumat 14 April 2023.

Diketahui bahwa AKBP Zulanda, S.IK baru sehari (kamis 14 April) menjalankan tugasnya selaku Kapolres Toraja Utara menggantikan Bapak AKBP Eko Suroso, S.IK langsung mendapatkan tugas pertamanya untuk mengamankan adanya aksi demonstrasi yang di lakuakan oleh Pengurus DPD KNPI Toraja Utara dan 30 OKP.

Dan hari ini, Jumat 14 April 2023 sesuai janjinya kepada DPD KNPI Toraja Utara dan 30 OKP untuk memfasilitasi pertemuan antara KNPI dan Bupati Yohanis Bassang.

Pertemuan di gelar pagi tadi di ruang kerja Bupati di Marante. Pertemuan di mulai sekitar Pkl.10.00 dan berakhir pada Pkl.12.00 Wita.

Pada Pertemuan yang di gelar oleh Bupati Yohanis Bassang dihadiri 2 orang utusan Pengurus KNPI Toraja Utara Belo Tarran selaku Ketua, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK,.M.Si yang memfasilitasi pertemuan antara Pengurus KNPI Toraja Utara dan Bupati Yohanis Bassang.
“Juga terlihat hadir pada pertemuan Dandim 1414/Tator Letkol Inf. Monfi Ade Candra, S.I.P., M.Han, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, ST, Kasat Intel Polres Toraja Utara AKP Petrus.

Ketua DPD KNPI Toraja Utara Belo Tarran Usai menghadiri pertemuan mengatakan bahwa Bupati Yohanis Bassang berjajnji untuk mencarikan tempat untuk Pengurus KNPI bersama OKP.

“Belo Tarran menjelaskan bahwa pertemuan tadi itu merupakan diskusi dengan keakraban dan kekeluargaan antara anak dan orang tua,”kata Ketua DPD KNPI Toraja Utara.

Terkait 3 Opsi yang di sampaikan Ketua DPD KNPI Toraja Utara dari hasil pertemuannya bersama Bupati, Kapolres dan Dandim 1414/Tator yaitu opsi pertama KNPI bersama DPRD Toraja Utara, Opsi Kedua KNPI bersama PTSP dan Opsi ketiga berada di Panga’ tempat Kantor gabungan Dinas.

“Ia juga menjelaskan bahwa pada prinsipnya Bupati Toraja Utara tidak melarang KNPI kembali ke bekas Kantor DPRD, hanya saja Pemerintah sangat membutuhkan dan megutamakan pelayanan publik yakni kantor PTSP yang merupakan Mall Pelayanan Publik. Jadi Bupati sudah memberikan 3 opsi tadi, dan kami pengurus KNPI dan OKP akan membicarakan bersama. Dan kalau kami sudah sepakat kami akan sampaikan ke Bupati. Dan kami juga akan bertemu dengan DPRD untuk opsi itu,”pungkas Belo Tarran selaku Ketua DPD KNPI Toraja Utara kepada media Toraja Times.com. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki