Bawaslu Toraja Utara Resmi Melantik 63 Anggota Panwascam Pilkada 2024

TORAJA TIMES.COM – Toraja Utara | Bawaslu Toraja Utara hari ini, Sabtu, 25 Mei 2024 menggelar Pelantikan Pengambilan Sumpah/Janji kepada 63 orang Panitia Pengawas Kecamatan dari 21 Kecamatan se-Kabupaten Toraja Utara.

Sebanyak 63 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Toraja Utara 2024 resmi dilantik.

Proses pelantikan yang berlangsung di Hotel Heritage Rantepao dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Toraja Utara, Brikken Linde Bonting, SH., MH. 63 anggota Panwascam se Kabupaten Toraja Utara yang dilantik didampingi oleh rohaniawan.

Dari 63 Anggota Panwascam ini akan bertugas di 21 Kecamatan dimana masing-masing kecamatan terdiri dari 3 orang anggota.
Kegiatan pelantikan Panwascam dirangkaikan dengan pembekalan yang berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu 25-26 Mei 2024.

Pelantikan anggota Panwascam tersebut dihadiri dan disaksikan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Anggota Bawaslu Sulsel Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Syamsuar Saleh, Sekda Toraja Utara, Salvius Pasang, Ketua KPU Toraja Utara, dan Forkopimda Toraja Utara.

Brikken Linde Bonting, Ketua Bawaslu Toraja Utara dalam sambutannya, menegaskan bahwa setelah dilantik, Panwascam akan segera bertugas di masing-masing wilayah kecamatan.
“Tugas pertama mereka adalah melanjutkan proses rekrutmen PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) di kecamatan masing masing dimana akan melakukan test wawancara bagi calon PKD,”Kata Briken.

Sementara Anggota Bawaslu Sulsel Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Syamsuar Saleh, menekankan agar Panwascam terpilih ini betul-betul menunjukkan kinerja terbaik karena dari sekian banyaknya pendaftar calon yang dilantik hari ini dianggap terbaik dan paling layak untuk melaksanakan tugasnya.
“Pelantikan ini menandakan kesiapan Bawaslu untuk mengawal dan mengawasi Pilkada Toraja Utara 2024 mendatang,” ujarSyamsuar Saleh.

Ia berharap, kekurangan pada Pemilu 2024 kemarin dapat diperbaiki dalam Pilkada ini dengan sesegera mungkin memetakan indeks kerawanan dalam Pilkada.

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong dalam sambutannya mengatakan bahwa kepada 63 anggota Panwascam yang sudah menyatakan Sumpah/Janji tadi bukan berarti mengucapkan sumpah janji kepada kami semua melainkan kepada Tuhan dan pada Bangsa dan Negara ini.

Frederik Victor Palimbong juga menyampaikan bahwa dari 63 anggota Panwascam ini membanggakan dan dianggap mampu melaksanakan pengawasan di tingkat Kecamatan,”ujar Wakil Bupati Toraja Utara.

“Ia juga mengingatkan kepada 63 anggota Panwascam yang telah dilantik bahwa ada beberapa tugas wewenang dan kewajiban yang harus dikawal dan dilaksanakan,”ungkapnya.

Wakil Bupati Toraja Utara berharap pada Pilkada tahun ini berlangsung Jujur, Adil dan bermartabat. Sehingga kita semua tidak mengecewakan bangsa dan negara yang sudah mengeluarkan biaya yang banyak, dan kita berharap hasil dari Pilkada baik adanya,”pungkas Frederik Palimbong yang baiasa di sapa Bro Dedy.(*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen