Bupati Toraja Utara Salurkan Bantuan Kepada Korban Terdampak Langsung Bencana Longsor

TORAJA TIMES.com – TORAJA UTARA | Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang didampingi Asisten II, Yermia Marewa dan Kepala BPBD Toraja Utara, Alexander Tiku dan Kepala Bank Sulsebar Toraja Utara, Timotius, menyerahkan langsung bantuan logistik berupa bahan makanan seperti Beras, Indomie dan air mineral kepada para pengungungsi korban bencana tanah longsor dilingkungan Salu Losso’, Kelurahan Tallangsura’, Kecamatan Buntao’, pada Senin, 13 Mei 2024.

Bupati, Yohanis Bassang menyerahkan langsung bantuan bahan makanan berupa beras, indomie dan air mineral kepada korban terdampak langsung bencana tanah longsor di lingkungam Salu Losso, Kelurahan Tallangsura’.

Usai menyerahkan bantuan kepada korban longsor, Bupati Yohanis Bassang atau akrab di sapa Ombas langsung meninjau lokasi longsor tak jauh dari Posko bantuan. Ia menyampaikan bahwa rasa prihatin atas musibah yang melanda masyarakatnya di Kelurahan Tallangsura’, Kecamatan Buntao. Ada 5 rumah dan 1 tongkonan yang tertimbun tanah longsor. Atas nama Pemerintah dan Masyatakat Toraja Utara menyatakan rasa simpatik dan mudah-mudahan semua keluar dari musibah yang dialami dan semua ini di beri kekuatan,”terang Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa setelah situasi semua tenang, baru di lakukan pembersihan dan pembukaan kembali jalan yang menutup badan jalan.

Ombas berharap agar masyarakat bersabar, dan dipastikan jika sudah tidak lagi terjadi longsor susulan, baru kita bersihkan lagi,”kata Bupati.

Bupati berpesan agar seluruh masyarakat yang masih berada di sekitar lokasi longsor agar tetap waspada. Bupati juga mengimbau dan mengingatkan kepada warga, apabila datang hujan terus menerus agar mengngsi sementara di rumah-rumah keluarga, ini untuk menghindari terjadinya longsor susulan,”ujar Yohanis Bassang kepada wartawan.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menyampaikan terimakasih kepada semua masyarakat yang sudah peduli terhadap warga yang terkena musibah longsor ini.
“Ya, kepada Pemerintah Kabupaten Bone, saudara-saudari dari Bahodopi Morowali dan semua elemen dan kelompok-kelompok masyarakat yang dalam beberapa hari ini sudah datang memberikan bantuan kepada warga yang terdampak langsung bencana longsor ini. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih.

Untuk diketahui bahwa siang tadi bantuan yang masuk di Posko Utama tempat penampungan bantuan terus masuk dari berbagai elemen dan kelompok-kelompok masyarakat seperti dari Pemerintah Kabupaten Bone yang langsung datang dibawa oleh Ketua DPRD Kabupaten Bone bersama Kapolres Bone dengan membawa 1 truk bantuan berupa Beras, Indomie dan Air Mineral.

“Selain Pemerintah Kabupaten Bone, juga datang dari tim relawan toraja Bahodopi Morowali dengan membawa bantuan beras, air mineral dan bantuan lainnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang di pimpin langsung Sekda Toraja Utara, Salvius Pasang bersama Dandim 1414 Tana Toraja dan sejumlah kepala OPD datang menyerahkan bantuan berupa beras, air mineral, obat-obatan dan vitamin. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Tommy T