Eva Rataba Sampaikan Empat Pilar Kebangsaan ke Kaum Perempuan

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Eva Stevany Rataba melakukan sosialisasi 4 Pilar MPR RI di rumah aspirasi yang dihadiri ratusan peserta dari anggota Dasa Wisma Kelurahan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Selasa (23/01/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Eva Stevany Rataba sebagai Anggota MPR RI menyampaikan, komitmenya untuk terus mensosialisasikan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI kepada masyarakat, sebagai upaya untuk menyampaikan nilai-nilai dalam berbangsa dan bernegara.

“Hal ini dilakukan demi terwujudnya masyarakat yang harmonis dan solid dalam kebersatuan, maju dalam peradaban dan hidup dalam kebahagiaan. Kuncinya ada di rumah, ibu-ibu punya peran yang tidak hanya penting tetapi sangat penting,” katanya .

Lanjut Eva, peran perempuan begitu penting, sosialisasi 4 Pilar MPR RI kali ini mengambil tema “Dari Rumah, Perempuan Merawat Indonesia Melalui Empat Pilar Kebangsaan”. Bukan berarti perempuan atau ibu-ibu harus di rumah saja, tapi katanya kuncinya adalah dari rumah bukan di rumah.

“Tema tersebut mengandung makna dari rumahlah maju mundurnya sebuah daerah dan bangsa ditentukan, karena rumah tempat berkumpulnya keluarga, tempat pertama dan utama anak-anak kita mendapatkan pendidikan, ilmu, pengetahuan tentang dunia dan agama,”ujar Legislator pusat Partai Nasdem ini kepada media Toraja Times.

Eva Rataba juga mengatakan, negara memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk mengembangkan diri dan tentu aktivitas pegembangan diri tersebut atas persetujuan keluarga dan tidak melupakan kodratnya sebagai seorang wanita, salah satu kodrat perempuan adalah dengan mendidik anak – anak.

Dampak negatif teknologi yang kita cegah kata Eva, karena anak-anak belum bisa menyaring mana yang baik, mana yang tidak untuk perkembangannya.

“Kalau kita membaca berita, ada anak – anak yang matanya rusak karena kecanduan game, ada yang jatuh karena joget tik-tok bahkan ada yang berbuat asusila dan kriminal karena terpengaruh media sosial,” ujarnya.

Sebagai perempuan kata Eva harus saling mengingatkan, arus tekonologi informasi tidak bisa dibendung tetapi bisa dikendalikan, dengan cara ambil yang positif, buang yang negatifnya. Semua itu bisa kendalikan hal tersebut mulai dari rumah.

“Lewat kita sebagai orang tua. Kita kenalkan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kepada anak-anak kita, karena melalui pehamaman dan implementasi empat pilar masa kini anak-anak kita terjaga dan harapan masa depan cerahnya tercipta,” ungkapnya.

Politikus Perempuan asal Toraja ini menegaskan, pentingnya menjaga Empat Pilar Kebangsaan agar generasi muda nantinya mampu mewarisi bangsa dan negara yang besar ini, melihat bahwa generasi mudalah yang kelak menjadi pemimpin untuk bangsa ini.

Hadir pula sebagai pemateri tokoh masyarakat Toraja Ir. Rudi Rantepasang. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Rahmad