Hari Ini 9 Februari, KPU Tana Toraja Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2024 di Dua Kecamatan Terjauh

TORAJA TIMES.COM – Tana Toraja | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja hari ini, Jumat 9 Februari 2024 mulai melakukan Pendistribusian Logistik Pemilu di dua Kecamatan.

Pada pendistribusian Logistik Pemilu , KPU menghadirkan Forkopimda Tana Toraja, Bawaslu Tana Toraja untuk menyaksikan pelepasan pendistribusian logsitik di dua Kecamatan terjauh di Kabupaten Tana Toraja.

“Terlihat di kantor KPU Tana Toraja ada 3 truck yang mengangkut logistik Pemilu menuju 2 kecamatan yakni kecamatan Mappak dan Kecamatan Simbuang.

Ketua KPU Tana Toraja, Berty Paluangan saat di konfirmasi melalui via selulernya mengatakan bahwa hari ini jumat 9 Februari kami melakukan pendistribusian logistik pemilu di 2 kecamatan terjauh di Kabupaten Tana Toraja, yakni kecamatan Mappak dan kecamatan simbuang.

Dikatakan juga bahwa pendistribusian logistik pemilu di mulai dari daerah pemilihan (Dapil) 3, karena melihat dapil 3 ini sangat jauh sehingga lebih awal dilakukan pendistribusian,”ujarnya.

“Dia juga menyampaikan bahwa logistik pemilu ini akan tiba di Kantor Kecamatan Simbuang dan Kecamatan Mappak, setelah itu dari kantor kecamatan PPK akan mendistribusikan ke TPS-TPS terutama TPS yang paling jauh, karena ada beberapa TPS di Kecamatan Simbuang yang tidak bisa di lalui kendaraan sehingga dibutuhkan waktu 6 sampai 7 jam berjalan kaki baru sampai ke lokasi TPS,”jelas Ketua KPU Toraja Utara.

Ditambahkan bahwa untuk Kecamatan Mappak ada 27 TPS dan Kecamatan Simbuang ada 27 juga TPS.

Dijelaskan juga bahwa jadwal pendistribusian logistik Pemilu di mulai hari ini tanggal 9 – 12 Februari 2024. Dan besok Sabtu (10/02) pendistribusian di 4 Kecamatan, yakni di Kecamatan Bonggakaradeng, Kecamatan Rano, Kecamatan Masanda dan Kecamatan Bittuang.

Untuk tanggal 11, pendistribusian logistik 5 Kecamatan, yakni kecamatan Makale Selatan, Kecamatan Mengkendek, Kecamatan Kurra, Kecamatan Malimbong Balepe dan Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Dan untuk tanggal 12, pendistribusian logsitik 8 Kecamatan, yakni kecamatan Rembon, Kecamatan Saluputti, Kecamatan Sangalla Selatan, Kecamatan Rantetayo, Kecamatan Sangalla Utara, Kecamatan Makale Utara, Kecamatan Sangalla dan Kecamatan Makale.

“Terkait kendala pendistribusian logsitik di kecamatan-kecamatan menurutnya tidak ada kendala, hanya saja yang di maksud 2 dikecamatan simbuang dan mappak yang jarak tempuh sangat jauh sehingga pendistribusian dilakukan lebih awal. Dan untuk kecamatan lainnya saya kira tidak ada kendala, karena hampir semua dapat di lalui kendaraan,”ungkap Berty Maluangan.

Disampaikan juga bahwa untuk kertas surat suara dan CPlano yang rusak sudah kami laporkan ke KPU Provinsi dan sudah ada yang datang. Kami juga dalam pengepakan masih terus melakukan pengecekan kertas surat suara dan CPlano apa ada yang rusak atau tidak sebelum di naikkan di atas truk.

“Ia juga menyampaikan bahwa pendistribusian logistik pemilu di semua kecamatan sampai ke TPS langsung di kawal oleh Polisi dari Polres Tana Toraja sehingga dipastikan logistik pemilu dalam keadaan aman,”pungkas Ketua KPU Tana Toraja. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen