KPU Tana Toraja Musnahkan Kertas Surat Suara Rusak Sebanyak 2.963 dengan Cara di Bakar

TORAJA TIMES.com – Tana Toraja | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja, Sulawesi Selatan memusnahkan 2.963 surat suara Pemilu 2024 yang rusak dan berlebih.

“Pemusnahan itu dilakukan untuk meminimalisasi kecurangan pada proses pencoblosan dan pemungutan suara.

Pada Pemusanahan kertas surat suara, ikut hadir menyaksikan Polres Tana Toraja, Bawaslu Tana Toraja dan Staf KPU Tana Toraja.

“Total surat suara yang dimusnahkan sebanyak 2.963 surat suara, itu sudah surat suara yang rusak dan melebihi yang dibutuhkan,” kata Ketua KPU Tana Toraja Berthy Paluangan kepada media Toraja Times, Selasa (13/02/2024).

Ketua KPU Tana Toraja merincikan, ada 206 surat suara capres-cawapres rusak dan 464 lembar yang berlebih. Kemudian 83 lembar surat suara DPR RI yang rusak dan 335 lembar lebih. Lalu ada juga 222 lembar surat suara DPD yang rusak,”ujar Berty.

“Selanjutnya, ada 336 surat suara DPRD Provinsi rusak. Selain itu ada juga 150 lembar surat suara DPRD Kabupaten yang rusak dan kelebihannya sebanyak 1.167 lembar.

“Kalau untuk surat suara DPD itu tidak ada yang lebih hanya cuma rusak, sama dengan DPRD provinsi tidak ada yang lebih. Yang paling banyak kelebihan itu DPRD Kabupaten berjumlah 1.167 lembar,”tuturnya.

Dia menyampaikan bahwa selama proses penyortiran dan pelipatan pihaknya menemukan rata-rata surat suara yang rusak karena robek, noda tinta, dan buram,”imbuhnya.

Disampaikan juga bahwa pemusnahan surat suara itu dilakukan dengan cara dibakar untuk meminimalisasi tindak kecurangan saat proses pencoblosan dan pemungutan suara.

“Jadi kami musnahkan dengan cara dibakar, ini tentu untuk meminimalisir adanya tindakan kecurangan, karena kami juga komitmen menghindari upaya-upaya sesuatu yang tidak diinginkan,”pungkas Ketua KPU Tana Toraja, Berty Paluangan.(*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen