Yohanis Bassang Mendaftar di Partai Demokrat, Marthen Rantetondok : Partainya Menerima Semua Bakal Calon

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | Yohanis Bassang yang akrab di sapa Ombas mendaftar di Partai Demokrat, Senin, 29 April 2024 siang tadi dengan di wakili oleh Tim Pemenangannya.

Melalui Tim Pemenangannya, Yohanis Bassang mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Jalan Pongtiku, Karassik, Rantepao, Toraja Utara, Sulawesu Selatan.

Kedatangan Tim Pemenangan Yohanis Bassang yang dipimpin salah satu petinggi Partai Golkar Toraja Utara, Yafet Bontong diterima oleh Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Marthen Rantetondok didampingi Tim Penjaringan Bacalon Bupati/Wakil Bupati Partai Demokrat Toraja Utara.

Kepada wartawan, Yafet Bontong menerangkan bahwa kedatangan dirinya beserta beberapa anggota Tim Pemenangan ke Partai Demokrat adalah untuk bersilaturahmi dan mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati Toraja Utara atas nama Yohanis Bassang.

Yafet menyampaikan bahwa saat pengembalian formulir nantinya bakal calon Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang yang akan mengantarkan sendiri formulir pendaftaran ke Sekertariat Partai Demokrat Toraja Utara.
“Ya, nanti kalau pengembalian formulir, Pak Ombas (Yohanis Bassang) yang akan mengantar ke sini (Sekretariat DPC Partai Demokrat),” ujar Yafet.

Yafet berharap, Partai Demokrat akan kembali bersama Partai Golkar mengusung Yohanis Bassang pada Pilkada Toraja Utara tahun 2024 mendatang, sama seperti pada Pilkada tahun 2020 lalu, dimana Partai Golkar berkoalisi dengan Partai Demokrat mengusung pasangan Yohanis Bassang – Frederik Victor Palimbong.
“Harapan kami seperti itu akan tetap berkoalisi kembali. Tapi tentu kita akan lihat perkembangan politik ke depan bagaimana,” terang Yafet Bontong.

Dia juga menginformasikan bahwa selain Partai Demokrat, Yohanis Bassang juga sudah mendaftar di sejumlah partai politik lainnya, seperti PDI Perjuangan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Perindo.
“Dalam satu dua hari ini kita akan mendaftar ke Partai Gerindra, Nasdem, dan PAN. Kami akan daftar ke semua partai yang ada,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Marthen Rantetondok, mengatakan bahwa partainya menerima semua bakal calon yang akan siap berkompetisi dan memiliki kepedulian serta niat untuk membangun Kabupapaten Toraja Utara.
“Setelah pengambilan formulir bakal calon akan mengisi formulir tersebut dan harus mengembalikan sendiri formulir itu ke Tim Penjaringan Bakal Calon,” jelas Marthen Rantetondok kepada awak media.

Disampaikan juga bahwa dengan mengembalikan sendiri, Partai Demokrat akan berdiskusi, menyamakan presepsi serta visi antara partai dan bakal calon.
“Bakal calon yang visinya sama, akan dipertimbangkan Partai Demokrat untuk diusung. Nanti kalau sudah lolos di DPC, akan ada fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPD Partai Demokrat Sulsel,” Kata Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara.

Soal kemungkinan koalisi Partai Demokrat dengan Partai Golkar, Marthen mengatakan peluang itu sangat terbuka. Apalagi Partai Golkar merupakan koalisi pada Pilpres tahun 2024 yang lalu, dimana pasangan Capres dan Cawapres yang diusung, memenangkan kontestasi.
“Kemungkinan itu ada saja dan terbuka. Kita akan lihat perkembangannya ke depan,” katanya.

Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Marthen Rantetondok juga menginformasikan bahwa hingga hari ini Senin, 29 April 2024, sudah ada dua bakal calon Bupati Toraja Utara yang mendaftar di Partai Demokrat. Keduanya itu, yakni Dating Palembangan dan Yohanis Bassang.

Dia juga menyampaikan bahwa sesuai komunikasi dengan stafnya, masih ada dua bakal calon Bupati Toraja Utara yang akan mendaftar, yakni Frederik Victor Palimbong (Wakil Bupati Toraja Utara) dan politisi PDI Perjuangan, yang juga anggota DPRD Kutai Timur, Kaltim, Yusuf Silambi.

Ditanyakan terkait dirinya (red-Marthen Rantetondok), apakah akan maju pada Pilkada 2024 mendatang, ia mengatakan bahwa sebagai Kader Partai Demokrat tentunya kita bisa berkobtribusi dalam rangka kontestasi di pilkada Toraja Utara.

“Ia juga mengatakan bahwa dirinya akan melihat peluang, karena politik itu dinamis, kalau ada peluang maju sebagai calon 01 ya kita maju 01, tapi kalau peluang hanya bisa 02, ya kita maju 01. Jadi dirinya masih fleksibel untuk menentukan apakah maju 01 atau 02.

Ditambahkan Marthen Rantetondok bahwa dirinya juga sudah melakukan komunikasi dengan beberapa calon, namun masih mempertimbangkan, karena melihat peluang sehingga nantinya bisa sukses.
“Ditanyakan terkait siapa pasangan calon yang sudah menjalin komunikasi, Marten Rantetondok enggan menyebutkan siapa calon yang bisa berpasangan, namun dia katakan bahwa akan terus melihat peluang,”pungkas Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara.

Untuk diketahui bahwa dibawah kepemimpinan Dr. Marthen Rantetondok, SH., MH, Partai Demokrat Toraja Utara berhasil raih 5 kursi di DPRD Toraja Utara pada Pemilu 2024 lalu, bahkan masuk sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD Toraja Utara. Pada Pemilu sebelumnya (2019) Partai Demokrat Toraja Utara mendapatkan 3 kursi. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Tommy T