News  

2.000 Mahasiswa Dapat KIP Kuliah Jalur Aspirasi Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Eva Stevany Rataba Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NaaDem menyalurkan bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah jalur Aspirasi tahun 2023 di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (16/12/2023).

Beasiswa KIP Kuliah Aspirasi dari Eva Stevany Rataba ini telah menyasar kepada 2000 mahasiswa yang kuliah di Toraja. Mereka tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Eva Stevany Rataba didampingi oleh Kepala LLDikti Wilayah IX Andi Lukman dan Ketua DPD Partai NasDem Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, ST.

Dihadapan penerima KIP Kuliah Aspirasi, Eva Stevany Rataba mengucapkan selamat kepada para penerima.

Menurut dia, beasiswa ini tentu saja tidak diberikan secara asal-asalan melainkan diperebutkan dengan proses perjuangan dan seleksi yang ketat.

“Kalau ditanya siapa yang mau beasiswa, semua juga pasti mau,” imbuh politisi Perempuan Partai Nasdem ini.

Dia juga menyampaikan bahwa peminat beasiswa ada ribuan mahasiswa, sementara kuota KIP kuliah ini terbatas pertahun.

Untuk menentukan penerima di perlukan seleksi untuk menyaring berdasarkan kriteria-kriteria bahwa calon penerima mempunyai potensi kualifikasi akademik yang baik, motivasi yang tinggi untuk maju dan diutamakan dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Sehingga dari beasiswa ini diharapkan dapat membuka jalan bagi mahasiswa untuk kesempatan yang lebih baik di masa depan.

“Saya berharap, adik-adik yang mendapatkan KIP ini benar-benar bisa memanfaatkan dengan baik. Melalui program ini, capai cita-cita kalian, angkat derajat keluarga dan daerah. Adik-adik harus menunjukan kalau kalian orang terpilih, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini,”kata Eva Rataba kepada penerima KIP Kuliah.

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah IX Andi Lukman mengutarakan, pihaknya berterima kasih kepada Eva Stevany Rataba yang selalu memperjuangkan masyarakat di bidang pendidikan. Kata dia, melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah dan kuliah.

“Saya kagum melihat ibu Eva yang selalu berjuang untuk masyarakat di bidang pendidikan ini. Jujur, aspirasi ibu Eva Stevany Rataba sangat membantu kami untuk mencegah anak-anak kita putus sekolah dan kuliah,”tutur Andi Lukman. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen