News  

Ada 104 Peserta Pendaftar Calon Anggota Polri Tahun 2023, Polres Toraja Utara Lakukan Pemeriksaan Administrasi Awal

TORAJA TIMES.COM – Toraja Utara | Polres Toraja Utara melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Gelombang II Tahun 2023 bertempat di Aula Mapolres Toraja Utara.

Kegiatan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal yang digelar tersebut dilaksanakan selama 2 hari mulai Selasa (18/04/2023) hingga Rabu (19/04/2023).

Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.I.K.,M.Si melalui Kabag SDM Kompol Elyazar L. Kiding menjelaskan Polres Toraja Utara selaku Panitia Bantuan Penerimaan (Pabanrim) ditingkat Polres telah menerima berkas ratusan pendaftar.

“Ada total 104 Peserta yang sebelumnya telah mendaftar secara online dan diverifikasi di Polres Toraja Utara,” kata Kabag SDM.

Adapun rincian dari para Peserta yang sudah teverifikasi dan selanjutnya mengikuti pemeriksaan administrasi (Rikmin) Awal yaitu sebanyak 12 orang calon Taruna Akpol, 84 orang Calon Bintara PTU, 5 orang calon Bintara Brimob, dan 3 orang calon Tamtama Brimob.

Pada pelaksanaan kegiatan Rikmin awal ini, berkas pendaftaran para calon Anggota Polri Tahun 2023 langsung diperiksa oleh Panitia Rikmin Awal Polres Toraja Utara dengan melibatkan Tim Internal dan Eksternal.

Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Pendidikan. Sedangkan tim internal dari jajaran Polres Toraja Utara yaitu Bag SDM, Sie Propam dan Siwas.

“Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas-berkas pendaftaran serta pengukuran tinggi badan dan berat badan masing-masing pendaftar,” lanjutnya.

Kabag SDM juga menegaskan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini masih menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis).

“Hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,” tuturnya.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi awal di Polres Toraja Utara, para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya pada tingkat Polda Sulsel.

Kepada para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri. “Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun, masuk Polri tidak dipungut biaya alias gratis, imbaunya.

“Belajarlah dengan baik, persiapkan fisik dan juga mental, percayakan pada kemampuan diri sendiri dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Itu yang terpenting,”pungkasnya. (*)

Editor : Eno