Ada Simulasi Pemungutan Suara di Lembang Sangbua Kecamatan Kesu’, Ratusan Pemilih Datang

TORAJA TIMES.COM – Toraja Utara | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara gelar Simulasi Pemungutan suara di TPS 02 Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu’, Kabupaten Toraja Utara, Senin (29/01/2024).

Pada Simulasi yang di gelar di TPS 02 Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu’, sebanyak 229 Pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang ikut melaksanakan simulasi pemungutan suara.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Semuel Rianto Tappi’ yang di temui media Toraja Times mengatakan bahwa dengan di laksanaknnya Simulasi ini adalah amanat dari KPU RI untuk mewujudkan implementasi dari pelaksanaan PKPU 25 . Karena simulasi yang di gelar di Kantor KPU Toraja Utara yang lalu belum keluar PKPU 25 dengan juknis 66.

Harapan KPU Toraja Utara yang di sampaikan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Semuel Rianto Tappi’ :

  1. Penyelenggara adhoc secara khusus KPPS betul-betul bisa memahami tugas dan tanggungjawab dan tupksinya.
  2. Seluruh KPPS bisa mengidentifikasi dimana titik-titik rawan, kekurangan dan kelemahan dari penyelenggaraan simulasi ini.
  3. Membangun komunikasi dan sinergi antar penyelenggara baik itu KPU, BAWASLU dan pihak keamanan dari Polri dan TNI.

Dijelaskan juga Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan bahwa dengan di laksanakannya simulasi di satu tempat bukan berarti semua TPS tidak memahami cara dan metode pemungutan suara, perhitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara akan tetapi pendekatan dan penguatan kami ada di Bimtek, TOT dan setelah itu fasilitator nantinya akan melaksanakan Bimtek ke KPPS,”jelas Semuel Rianto Tappi’.

Disamapaikan juga bahwa pada bulan ini juga nantinya KPU Toraja Utara masih mengadakan penguatan ditingkat-tingkat rakoor dan akan di laksanakan juga simulasi mini pada tanggal 13 Februari dan semua KPPS sudah harus mengetahui posisi-posisinya apa yang harus dikerjakan.
“Hasil dari dokumentasi simulasi yang dilaksanakan ini dengan kekurangannya mantinya akan di share ke jajaran KPPS di 784 TPS,”ungkap Semuel Rianto.

Disampaikan juga Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kesu’, Bastian Sarapang meyampaikan bahwa dengan di gelarnya simulasi ini di wilayahnya di TPS 02 Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu’, saya kira sangat bermanfaat bagi masyarakat dan penyelenggara terutama bagi KPPS.

“Kami juga berterima kasih kepada KPU Toraja Utara dengan memilih TPS 02 di Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu’ adalah salah satu bentuk sosialisasi bagaimana masyarakat dan penyelenggara dalam hal ini KPPS memahami dan melihat langsung cara metode pemungutan suara, perhitungan dan rekapitulasi hasil penghitingan suara,”ujar Bastian Sarapang.

Ditambahkan bahwa dengan dilaksanakan simulasi di TPS 02 ini, kami juga mengundang semua Ketua-Ketua KPPS se Lembang Sangbua sehingga nantinya mereka akan kembali untuk menyampaikan kepada anggota KPPS yang ada di TPS nya,”tutur Bastian.

Dia juga menyampaikan bahwa untuk peserta pemilih hanya satu kali saja mendampingi pemilih. Dan Penyelenggara juga nantinya akan melihat apakah pendamping ini layak untuk mendampingi pemilih ke bilik suara. Yang jelas pendamping hanya di perbolehkan mendampingi pemilih satu kali saja,”ungkapnya.

Disampaikan juga Kepala Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu’, Antonius Randan mengatakan bahwa pertama kalinya simulasi di laksanakan di Lembang Sangbua, dan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat yang nantinya akan melakukan pemilihan pada tanggal 14 Februari.

“Dia berharap bahwa dengan adanya Simulasi yang di laksanakan KPU Toraja Utara di TPS 02 Lembang Sangbua kiranya dapat di pahami oleh masyarakat dan penyelenggara dalam hal ini KPPS. Sehingga pada tanggal 14 Februari, pemilihan dapat berjalan dengan baik, tertib, lancar dan aman,”kata Antonius Randan.

Untuk diketahui bahwa jumlah Pemilih tetap di Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu’ sebanyak 904 pemilih, itu sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang di keluarkan oleh KPU Toraja Utara. Dan untuk mengetahui apakah masyarakat masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu 2024, dapat di lihat secara online di cekdptonline.kpu.go.id,”pungkas Kepala Lembang Sangbua.

Pada Simulasi yang di laksanakan oleh KPU Toraja Utara, turut hadir menyaksikan Kabag Ops Polres Toraja Utara Kompol Marten Tagallo mewakili Kapolres Toraja Utara.

Kabag Ops Kompol Marten Tangallo menyampaikan bahwa dengan di laksanakannya Simulasi oleh KPU Toraja Utara di TPS 02 Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu’ agar semua masyarakat yang memilih tidak bingung, karena ada 5 Kotak yang akan di masukkan kertas surat suara setelah pemilih keluar dari bilik suara.

Jadi dengan Simulasi ini semua masyarakat yang memilih tidak bingung lagi kotak mana yang akan di masukkan kertas surat suara,”jelasnya.

“Kami berharap dengan Simulasi yang sudah di laksanakan dan arahan atau kegiatan yang selama ini di laksanakan KPU Toraja Utara dan BAWASLU Toraja Utara dapat di pahami semua penyelenggara yang ada baik itu KPU, PPK, KPPS, Bawaslu, Panwascam dan pengawas tingkat Lembang/Kelurahan,”pungkas Kabag Ops Polres Toraja Utara, Kompol Marten Tangallo kepada media Toraja Times.com. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen