Bawaslu Provinsi Sulsel Pantau Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Toraja Utara

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | Andarias Duma, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan pulang kampung di Toraja Utara.

Kehadiran Andarias Duma’ di Toraja Utara sekaligus membawa tugas sebagai anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan. Terlihat hari ini, Senin 12 Februari berada di Gudang Logistik KPU Toraja Utara di dampingi Ketua Bawaslu Toraja Utara, Briken Linde Bonting.

Keberadaan Andarias Duma’ selaku koordinator Divisi Hukum dan Diklat di gudang logistik KPU Toraja Utara memantau langsung pendistribusian hari terakhir logistik Pemilu 2024 di 8 Kecamatan se Toraja Utara.

Andarias menjelaskan bahwa sebagai Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan bersama Bawaslu Kabupaten Toraja Utara, kami hadir memastikan sudah sampai sejauh mana pendistribusian logsitik Pemilu 2024 yang di laksanakan oleh teman-teman KPU Toraja Utara. “Dan kita lihat hari ini, Senin 12 Feberuari 2024, KPU Toraja Utara sementara melakukan pendistribusian logistik pemilu 2024, dan saya tanyakan tadi bahwa sudah masuk hari ketiga atau terakhir hari ini di lakukan pendistribusian logstik pemilu ke PPK atau Kecamatan, selanjutnya besok tanggal 13 Februari, PPK akan melanjutkan pendistribusian ke TPS lembang/kelurahan,”ucapnya.

“Kita pastikan persiapan semua logistik pemilu yang sudah ada di PPK atau Kecamatan sudah harus di distribusikan ke TPS – TPS Lembang/Kelurahan, sehingga pada hari “H” tanggal 14 Februari tinggal pelaksanaan pemungutan suara,”kata Koordinator Divisi Hukum dan Diklat Bawaslu Provinsi Sulawesi selatan.

“Ya, kita harapkan semua penyelenggara baik itu KPU Toraja Utara, PPK, Bawaslu, Panwascam dan Pengawas TPS tingkat lembang/kelurahan dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga potensi-potensi yang kemungkinan terjadi di Kabupaten masing-masing. Tapi kita bersyukur untuk Kabupaten Toraja Utara kita berharap aman dan terkendali.

Andarias Duma’ menyampaikan kepada Penyelenggara di tingkat TPS untuk mengantisipasi karena ini musim hujan, kita juga mau memastikan disetiap TPS yang di buat itu aman dari hujan. Dan saya juga meminta kepada KPU Toraja Utara, PPK, Bawaslu, Panwascam, Panwas TPS, KPPS bahwa lokasi TPS itu aman,”ungkap Koordinator Divisi Hukum dan Diklat.

Disampaikan juga bahwa pertemuannya dengan Kapolres Toraja Utara di Mapolres Toraja Utara sekaitan dengan pengamanan TPS pada saat pemungutan suara ditanggal 14 nanti. Tidak hanya itu, Polisi bersama TNI dalam beberapa hari ini sudah melakukan pendampingan dan pengamanan pendistribusian logistik Pemilu di Kecamatan-Kecamatan. Sama dengan pertemuan kami dengan bapak Dandim tadi bahwa kami dari Bawaslu Provinsi Sulsel meminta kepada TNI bersama Polisi untul membantu dan membekap pengamanan pemugutan suara.

“Ya kami berharap dari pertemuan kami bersama dengan Kapolres dan Dandim 1414 Tana Toraja dapat membekap proses pengamanan pada saat pemungutan suara di tanggal 14 Februari,”pungkas Koordinator Divisi Hukum dan Diklat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan.(*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen