News  

Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung Tahun 2024 Bangun Objek Wisata Air Terjun di Bittuang, Pembebasan Lahan Sudah Selesai

TORAJA TIMES.COM – TANA TORAJA | Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung usai menghadiri Hari Jadi Toraja Ke-776 dan HUT Kabupaten Tana Toraja Ke-66 di Ulusalu Kecamatan Saluputti, Kamis (31/08/2023) menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk Tahun Anggaran 2022 ini sudah meyelesaikan beberapa program salah satunya adalah program Pembangunan pengembangan dan peningkatan objek-objek Wisata dan Pembangunan Peningkatan Jalan baik Pembangunan Jalan Kabupaten maupun Pembangunan Jalan Propinsi.

“Untuk Tahun 2023 ini, kami lebih berkonsentrasi pada pembangunan gedung dan rehabilitasi gedung Sekolah SD dan SMP serta kelanjutan pembangunan Peningkatan Jalan Propinsi dan Jalan Kabupaten,”tutur Theofilus Allorerung,”kepada media Toraja Times.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk Tahun Anggaran 2024 mendatang, kami menganggarkan pembangunan objek wisata Air Terjun di Lembang Patongloan, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja.

“Menurutnya bahwa Pemerintah Kabupaten Tana Toraja Tahun 2023 ini, sudah membebasakan area lokasi air terjun. Diketahui bahwa lokasi air terjun di lembang Patongloan, Kecamatan Bittuang adalah Area Hutan Lindung, jadi yang pertama harus di lakukan adalah pembebasan lahannya dulu dan itu sudah selesai. Pemerintah sudah mengurus pembebasan lahan seluas 4800 M2. Tahun depan 2024 kita masukkan dalam APBD Tahun 2024 untuk pelaksanaan pekerjaan Objek Wisata Air Terjun di Bittuang,”ujar Theofilus kepada media Toraja Tumes.

Bupati Theofilus juga menjelaskan bahwa pembangunan Objek Wisata Air Terjun yang ada di Lembang Patongloan, Kecamatan Bittuang sudah lama saya rencanakan sejak di periode pertama saya menjabat, tapi karena menjelang Pilkada maka program itu tertunda. Dan di Periode kedua saya ini, saya lebih konsentrasi pada peningkatan pembangunan Objek Wisata termasuk objek wisata air terjun fi Bittuang dan Pembangunan Jalan, sehingga masyarakat Tana Toraja dapat menikmati akses jalan,”ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa sesuai Visi kami bersama Wakil Bupati Tana Toraja “Tulus Berbakti, Karya Terbukti”, harus betul-betul di laksanakan, karena dengan adanya Visi ini, mengingatkan kita untuk melaksanakan pesan masyarakat sebgai wujud nyata bahwa dengan di percaya masyarakat Tana Toraja harus di butktikan dengan cara bagaimana melaksanakan Pembangunan yang di rasakan oleh seluruh masyarakat Tana Toraja, dan bekerja itu harus tulus,”pungkae Theofilus Allorerung, Bupati Tana Toraja kepada media Toraja Times di hari jadi Toraja ke-776 dan HUT Kabupaten Tana Toraja Ke-66 di Ulusalu, Kecamatan Saluputti. (*)

Editor : Eno