Bupati Toraja Utara Menyerahkan 965 SK PPPK Formasi 2023, OMBAS Sesalkan Ada 100 Lebih Formasi Tidak Terisi, Jangan Terulang Lagi 2024

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE., M.Si pagi tadi, Jumat, 03 Mei 2024 menyerahkan SK PPPK Formasi 2023 kepada 965 orang di dampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Salvius Pasang, SP.,MP, Asisten I Bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Kesehatan dan Sekertaris Dinas Pendidikan.

Penyerahan SK PPPK Formasi 2023 digelar di Lapangan Bakti Rantepao, Kabupaten Toraja Utara dengan di hadiri beberapa Kepala OPD Toraja Utara.

Sebelum menyerahkan SK PPPK Formasi 2023, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang di awal sambutannya menyampaikan selamat kepada 965 orang yang hari ini, Jumat, 3 Mei 2024 menerima SK Formasi 2023. Bupati dalam arahannya menyampaikan bahwa penjelasan dari Kepala Badan Kepegawaian bahwa masih ada beberapa formasi yang merupakan jatah kabupaten kita yang tidak terisi, itu artinya kita menyia-nyiakan kesempatan ini.
“Oleh karena itu, saya berharap ada penerimaan PPPK lagi tahun 2024 ini untuk Kabupaten Toraja Utara di beri jatah lagi sebanyak 1.600 dan ada 200 formasi umum. Ini formasi jatah kita jangan di sia-siakan harus kamu isi,”tegas Bupati.

Bupati menyebutkan bahwa dengan formasi 2024 yang cukup banyak, apa langkah kita agar formasi ini bisa terisi semu, langkah kita adalah kalian ini sudah berpengalaman menjalani tes, oleh karena itu, apakah ade kamu, saudara kalian yang akan mengikuti tes tolong di bimbing, saya ulangi lagi tolong di bimbing, tolong di beritahu apa-apa yang harus di siapkan, sehingga mereka juga bisa lolos,”terang Ombas akrab di sapa.

Ombas juga menyayangkan ada lebih seratus yang tidak lolos, dan masih ada 5 dari teknis dan seharusnya kita butuh, masih ada 60 an tenaga kesehatan dan masih seratus lebih guru yang tidak kita isi. Peluang itu menurut saya (Bupati) jangan lagi terulang untuk tahun 2024 ini. Oleh karena itu, supaya kalian betul-betul mengamalkan yang namanya KASIH sehingga berkat itu mengalir dari orang-orang lain. Nah alirkanlah Kasih itu kepada saudara-saudara kamu yang akan ikut tes, seperti memberitahukan cara mengisi data-data.

Lanjut disampaikan, Bupati beri mandat dan tugas kepada 965 tenaga PPPK yang lulus untuk menjadi tenaga pembimbing bagi saudara-saudara kita yang akan mengikuti seleksi PPPK yang akan datang (tahun 2024).

Ombas mengingatkan kepada 965 tenaga PPPK yang menerima SK agar membaca SK yang diterima. Jadi SK yang kamu terima itu tertulis mulai sejak tanggal 1 Mei 2024 dan berlaku sampai 30 April 2025, jadi berlaku 1 Tahun, oleh karena itu supaya ini bisa berlanjut sampai 5 tahun, Itu diperpanjang setiap tahun dan nanti pada tanggal 30 April 2025 akan diperpanjang lagi sampai 5 tahun dengan persyaratan berkelakuan baik, melaksanakan tugas dengan baik,”ujar Bupati.

“Ia juga menyampaikan bahwa siapa yang menilai bapak/Ibu/saudara saudari di sana, kalau adik adik dari tenaga perawat yang menilai adalah Kepala Puskesmas dengan Kepala Dinas Kesehatan terkait, dan kalau tenaga pendidik dalam hal ini guru yang menilai adalah Kepala Sekolahnya dengan Kepala Dinas Pendidikan. Jadi jangan ada yang bilang tenaga PPPK seumur hidup, tidak begitu. Jadi tergantung kinerja kalian,”ungkap Bupati kepada 965 PPPK formasi 2023 ini.

Ditambahkan Bupati bahwa kalau bapak/Ibu iti baik semua dan mengabdi dengan baik, bisa saya merubah keputusan, bisa jadi nanti 2 tahun berlakunya dan itu bisa. Ada daerah yang masa berlakunya 2 tahun dan ada juga yang langsung 5 tahun tergantung pimpinan daerahnya. Jadi mari kita saling menghargai, apa bentuk saling menghargai, kerja baik-baik. Kalau kalian sudah kerja baik baik dan masuk kerja pada saatnya dan masuk mengajar pada saatnya, hadir di tempat tugas pada saatnya itu berarti kalian sudah menghargai Pemerintah. Jadi jangan datang absen setelah itu pulang, jangan datang apel setelah itu pulang, itu tidak boleh dan sama saja membohongi kata hati dan itu saya akan evaluasi,”pungkas Bupati Toraja Utara kepada 965 tenaga PPPK formasi 2023 penerima SK.

Usai memberikan sambutannya, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang di dampingi Sekda Toraja Utara, Salvius Pasang, Asisten I, Kepala Dinas Kesehatan dan Sekertaris Dinas Pendidikan menyerahkan SK PPPK Formasi 2023 kepada 965 orang yang terdiri dari 34 orang tenaga teknis, 434 orang tenaga Guru dan 497 orang tenaga Kesehatan.(*)

Penulis : Eno
Editor   : Tommy T