Bupati Toraja Utara Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Rangkaikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

TORAJA TIKES.COM – Toraja Utara | Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024 yang berlangsung di lapangan bakti Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Senin (03/06/2024).

Upacara diikuti berbagai elemen antara lain Forkopimda, ASN, TNI/Polri, Lembaga Penyelenggara Pemilu, Kantor Cabang BUMN, BUMD dan Organisasi Kemasyarakatan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema nasional: “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini diusung untuk menegaskan kembali bahwa Pancasila sebagai falsafah atau dasar filsafat dan ideologi bangsa merupakan pemersatu dan perekat seluruh keberagaman sekaligus sebagai kekuatan dalam menyongsong Indonesia Emas.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE., M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan Pancasila sebagai dasar negara yang digagas oleh Proklamator Kemerdekaan memiliki peran pemersatu yang telah teruji mengharmonikan seluruh keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
“Pancasila lahir dari kegigihan para pendiri bangsa ini untuk menyatukan seluruh rakyat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku, agama, budaya dan lain-lain. Pancasila menjadi penyatu, menjadi dasar negara kita,” ungkapnya.

Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini,  Bupati mengajak seluruh komponen bangsa khususnya di Kabupaten Toraja Utara untuk bersama-sama menjaga dan memelihara Pancasila melalui pengamalan yang konkrit dalam setiap aspek kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.
“Oleh karena itu kita sebagai anak-anak bangsa ini harus bertanggung jawab melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa ini dalam mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan yang telah digagas, dirintis oleh para pendiri bangsa ini,” tuturnya.

“Menariknya, pada Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, Bupati, Yohanis Bassang memanggil beberapa perwakilan ASN dan Pelajar SMA dan SMP untuk menghapal Pancasila dan diberi hadiah.

Pada kesempatan peringatan Hari Lahir Pancasila yang dirangkaikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, turut diisi dengan sejumlah acara antara lain pemberian tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya X, XX, dan XXX Tahun kepada ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara oleh Bupati Yohanis Bassang dan penyerahan bibit pohon penghijauan kepada 21 Camat, dan penyerahan Mobil Ambulance dan Mobil Puskesmas Keliling masing-masing kepada UPT Puskesmas Tandung Nanggala, UPT Puskesmas Balusu, UPT Puskesmas Laang Tanduk, UPT Puskesmas Rantepangli, UPT Puskesmas Tikala, UPT Puskesmas Tombangkalua’, dan UPT Puskesmas Rantepao. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Tommy T