News  

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang Lantik 123 Pejabatnya, Advokat Piter Pondabarani : Cegah Penyimpangan dan Korupsi, Jadilah Pejabat Untuk Melayani Masyarakat

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Pelantikan/Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Pengawas dan Kepala Sekolah lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara di Ruang Pola Kantor Dinas Gabungan Marante, Jumat (24/03/2023).

Pelantikan/Pengukuhan dan Pengambilan sumpah/Janji Pejabat di lakukan oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE,.M.Si yang du hadiri Wakil Bupati Torja Utara Frederik Victor Palimbong, ST, Sekda Toraja Utara Salpius Pasang, SP,.MP, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Tana Toraja Cabang Rantepao Deri Rachman, SH, Wakil Ketua DPRD Toraja Utara Ir.Kalvin Para’pak, Kapolres Toraja Utara di Wakil oleh Kompol Marten T, Rohaniawan dan seluruh Kepala OPD SeToraja Utara.

“Sebanyak 123 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Pengawas dan Kepala Sekolah lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara di lantik oleh Bupati Toraja Utara.

Ada 4 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang di lantik di antaranya Inspektur Inspektorat Joni Kantong, SE, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Deddy Elward Rombe Raru, SE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir.Amos Sarungallo, Sataf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ahady Tandirerung, S.Sos,.MM.

Selain melantik 4 Pejabat Pimpinan Tinggi Paratama, ada 6 Kepala Sekolah dan 113 Pejabat Esalon IV juga di lantik oleh Bupati Toraja Utara, kata Kornelia selaku Kepala BKPSDM Toraja Utara.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang atau OMBAS dalam Sambutannya mengatakan bahwa dalam pelantikan ini di harapkan kinerja pemerintahan di semua OPD semakin baik dan maju. Saya tidak mau mendengar dan melihat adanya OPD yang kegiatannya lambat dikerjakan. Terutama para kepala Sub Program yang sudah saya lantik, harus cepat menjalankan tugasnya, kerena kenapa kalian dilantik hari ini, itu karena kalian dianggap mampu melaksanakan tugas, mampu dan menguasai komputer atau IT.

“Jadi saya harapkan kepada kalian semua untuk maksimalkan pekerjaan kalian terutama bagian program. Kalian dilantik bukan saya yang menilai dan mengusulkan, tetapi kalian dilantik karena usulan dari para Kepala Dinasmu dan melihat mampu memguasai bidang itu,”pungkas Ombas.

“Menurut Ombas bahwa adanya pergeseran itu hal yang wajar dan ini menambah pengetahuan dan pengalaman bagi kalian semua,”tutur Yohanis Bassang.

Disampikan juga kepada 8 lurah yang sudah dilantik dan diambil sumpahnya untuk menjalankan tugasnya dengan baik diwilayahnya. Karena jabatan lurah itu orang nomor 1 dikelurahannya. Kenapa Lurah lambangnya Garuda, itu karena dia orang nomor satu. Ombas juga menyampaikan kepada 8 Lurah untuk menjaga kebersihan di lingkungannya dan setiap hari Jumat harus melakukan jumat bersih,”tegas Bupati.

“Juga kepada 6 Kepala Sekolah yang dilantik agar agar memperhatikan tugasnya selaku Kepala Sekolah. Pendidikan harus terus maju, tkngkatkan kedisplinan guru dan murid sehingga apa yang menjadi harapan sekolah bisa tercapai,”pungkas Ombas.

Usai memberikan sambutannya, Bupat, Wakil Bupati, Sekda, Kepala BKPSDM dan seluruh Pejabat yang dilantik melakukan foto bersama.

Hal terpisah disampaikan Advokat Pither Pondabarani, SH,.MH yang juga Pemerhati Pendidikan kepada media Toraja Times bahwa dengan pelantikan ini, pemerintah daerah berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan karya terbaik bagi masyarakat Toraja Utara.

“Pelantikan ini sebuah pesan kinerja yang kurang, dan terus akan dievaluasi sehingga akan terlihat, apak Pejabat yang baru-baru dilantik ini mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai sumpah dan janjinya pada saat di lantik.

Pither Pondabarani menambahkan bahwa dengan dilantiknya pejabat baru ini sebagai upaya untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat Toraja Utara.

“ia juga berpesan agar amanah yang di berikan ini, betul-betul dijaga sehingga tidak terjadi hal-hal penyimpangan pada saat menjalankan tugas dan fungsinya. Jadilah ASN yang bersih dan di percaya oleh masyarakat sehingga terwujudnya system tata pemerintahan yang baik berlandaskan hukum dan Membangun demokrasi dan partisipasi masyarakat (Good Governance).

Harapan saya juga agar seluruh Pejabat di Pemerintahan di Toraja Utara ini agar menjaga kehati-hatian dalam menjalankan Pmerintahan sehingga ini mencegah adanya Korupsi dan penyimpangan-penyimpangan seperti pungli atau adanya permintaan fee-fee proyek. Jadikanlah ASN Toraja Utara yang bebas dari Korupsi,”tutup Pither Pondabarani kepada media Toraja Times. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki