Cegah Banjir, Koramil 1414-07 Mengkendek Tana Toraja Kerja Bakti Bersama Masyarakat

TORAJA TIMES.COM – TANA TORAJA | Komando Distrik Militer (Kodim) 1414 Tana Toraja gelar pembersihan lingkungan seperti selokan dan saluran air, ini dalam rangka Karya Bakti yang menjadi program TNI Angkatan Darat dan juga juga menjadi tugas pokok.

Kerja bakti dilaksanakan di Kelurahan Rante Kalua, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja dengan melibatkan masyarakat setempat, pada Selasa (26/12/2023).

Danramil 1414-07/Mengkendek, Kapten Inf Surahmani mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan personil Koramil 1414-07/Mengkendek bersama Masyarakat di jalan Kelurahan Rante Kalua tersebut sebagai upaya dalam menjaga serta memelihara agar lingkungan tetap bersih,”ucanya.

Untuk diketahui bahwa kegiatan karya bakti ini, sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI AD khususnya membantu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah,”tutur Kapten Inf Surahmani.

Dia juga menyampaikan bahwa sasaran kerja bakti tersebut adalah pembersihan sektor kanan kiri jalan dan saluran-saluran air yang yang terhambat oleh kotoran atau sampah yang terbawa oleh air hujan,”imbuhnya.

“Kami dari Koramil 1414/07 Mengkendek akan terus mengajak dan mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan. Dimana bulan Desember ini curah hujan sangat tinggi, sehingga menjadi perhatian kami adalah menjaga saluran atau drainasenagar tidak tersumbat akibat tumpukan kotoran atau sampah”ungkapnya.

“Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, akan membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat serta memberikan semangat bagi kami untuk semakin peduli dengan pentingnya kebersihan lingkungan diwilayah kami khususnya,” ungkap Kapten Inf Surahmani.

Hal terpisah disampaikan salah satu masyarakat Kelurahan Rante Kalua bahwa kami sangat berterimakasih kepada Koramil 1414/07 yang sudah melaksanakan kerja bakti di lingkungan kami. Ini sangat membantu masyarakat di lingkungan kami, terutama dalam hal kebersiham lingkungan. Melihat di bulan Desember ini, curah hujan sangat tinggi sehingga di perlukan kerja sama yang baik kepada TNI untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Sebagai warga disini, saya berharap seluruh masyarakat agar lebih peduli kebersihan lingkungan yang ada di sekitar rumah masing-masing, terutama saluran air atau drainase jangan sampai ada sampah yang menumpuk sehingga memgakibatkan saluran air tersumbat. Untuk itu mari bersama TNI untuk bersih-bersih lingkungan kita semua.(*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen