News  

Dapat Informasi Terjadi Keributan Pemilihan Kepala Lembang Limbong, Kapolres Toraja Utara Turun Langsung Lakukan Pengamanan

TORAJA TIMES.COM – Toraja Utara | Lembang Limbong, Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara hari ini Senin 17 April 2023 laksanakan Pemilihan Kepala Lembang.

Pemilihan Kepala Lembang Limbong di ikuti 3 orang calon yang di tetapkan oleh Panitia Pemilihan Lembang dan diketahui oleh BPL dan Dinas Pemberdayaan Masyararakat Lembang (DPML) Kabupaten Toraja Utara.

Sebelumnya Kepala Lembang Limbong di jabat oleh Alm Yuli Samban sehingga Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mengangkat pelaksana tugas kepala lembang limbong Marthen Panggalo.

Pemilihan Kepala Lembang antar waktu ini dilakukan secara keterwakilan dari beberapa unsur seperti Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pendidikan, Tokoh Wanita dan Pengrajin. Jumlah Keterwakilan yang ikut memilih sebanyak 75 orang.

Pada Pemilihan antar waktu Kepala Lembang Limbong di ikuti oleh 3 calon, untuk nomor urut 1 Oktavianus Chandra Bandaso’, S.IP, nomor urut 2 Micha Ponggarang dan nomor urut 3 Marthen Panggalo, SE.

Usai Pemilihan berlangsung, Micha Ponggarang dengan nomor urut 2 terpilih sebagai Kepala Lembang Limbong dengan Perolehan Suara sebanyak 38 suara, dan untuk nomor 3 Marthen Panggalo memperoleh suara sebanyak 36 suara sedangkan nomor urut 1 Oktavianus Chandra Bandaso’ tidak ada satupun suara yang diperoleh.

“Usai perhitungan kertas suara, para calon Kepala Lembang menandatangani berita acara yang sudah di siapkan oleh Panitia Pemilihan Lembang bersama Dinas Pemberdayaan Masyatakat Lembang (DPML).

Kepala Dinas PML Toraja Utara, Simbong Ranggina mengatakan bahwa dengan selesainya pemilian antar waktu Kepala Lembang Limbong itu berjalan dengan lancar dan aman. Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Lembang Limbong yang sudah memberikan suaranya kepada para calon Kepala Lembang, sehingga hari ini Kepala Lembang sudah terpilih dengan demokratis.

Disampaikan pula bahwa masa sisa jabatan Kepala Lembang Limbong 2 Tahun 6 Bulan atau berakhir pada Bulan Januari Tahun 2026.

Diketahui sebelumnya bahwa pemilihan antar waktu Kepala Lembang Limbong nyaris terjadi keributan, beruntung aparat Kepolisian dari Polsek Rantepao dan Kodim 1414/Tator bergerak cepat melakukan pengamanan di sekitar kantor Lembang Limbong Kecamatan Rantepao.

Mendapat Informasi adanya Keributan pada saat pemilihan Kepala Lembang Limbong, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK,.M.Si langsung menuju lokasi kantor Lembang Limbong dan meninjau langsung dan menyaksikan perhitungan suara di dampingi Kasat Intel, Kasat Narkoba dan beberapa personil Polres Toraja Utara.

Kapolres Toraja Utara, AKBP Zulanda, S.IK mengatakan bahwa dengan mendengar adanya insiden atau keributan kecil, kami dari Kepolisian perkuat keamanannya sehingga kampung kita ini terjaga kedamaiannya,”ucapnya kepada media Toraja Times.com.

Diketahui bahwa ada 3 Lembang di Kabupaten Toraja Utara yang melaksanakan Pemilihan antar waktu kepala lembang, yakni Lembang Buntu Tallunglipu Kecamatan Tallunglipu sudah terlaksana, Lembang Limbong Kecamatan Rantepao yang hari ini Senin (17/04/2023) sudah melaksanakan pemilihan dan Besok Selasa (18/04/2023) akan digelar Pemilihan Kepala Lembang Misa’ Babana Kecamatan Buntao’. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki