Dukung Agrowisata Kopi Toraja, Anggota DPR RI Eva Rataba Tinjau Perkebunan Kopi Toarco Jaya

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | Eva Stevany Rataba, Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem meninjau perkebunan Kopi di PT. Toarco Jaya di Pedamaran, Lembang Sapan Kua-Kua, Kecamatan Buntao’, Kabupaten Toraja Utara, pada Senin 22 April 2024.

Dalam kunjungannya ini, Eva Rataba melihat langsung kebun serta proses produksi kopi yang di lakukan PT. Toarco Jaya.

Legislator pusat Partai Nasdem ini mengapresiasi dan mendukung keberadaan perkebunan PT. Toarco Jaya menjadi agrowisata kopi dan bisa terus ditingkatkan sebab memiliki dampak positif tidak hanya bagi ekonomi masyarakat, khususnya bagi petani kopi, tapi juga secara umum mendukung sektor pariwisata yang menjadi unggulan Kabupaten Toraja Utara.

“Saya berharap kehadiran PT. Toarco Jaya bisa memberikan dampak multiplier positif nantinya pada peningkatan produksi dan kualitas kopi, kesejahteraan petani dan tentunya juga pada sektor pariwisata,” ungkap Eva Stevany Rataba.

Sementara Direktur Administrasi PT Toarco Jaya, Suwardi, yang mendampingi Eva Rataba mengatakan cikal bakal lahirnya Toarco berasal dari kerjasama antara Suladetco dan Unesco.

“PT Toarco Jaya merupakan perusahaan yang memproduksi kopi arabika bermutu tinggi. Toarco adalah singkatan dari Toraja Arabica Coffee. Perusahaan ini memiliki kebun kopi seluas 530 hektar,” jelas Suwardi.

Turun mendampingi dalam kunjungan Eva Stevany Rataba Ketua DPD Partai Nasdem Toraja Utara Yosia Rinto Kadang dan Kepala Lembang Sapan Kua – Kua Yosis Tandi Paty.

PT. Toarco Jaya didirikan dari perusahaan patungan antara PT Utesco dari Indonesia dan Suladeco Ltd dari Jepang pada tahun 1976, yang secara mendunia kemudian juga populer sebagai “Toraja Coffee”.

Pengawasan mutu yang ketat diberlakukan mulai dari pemetikan buah merah secara selektif, pengolahan basah yang sempurna, pengeringan biji yang tepat, pengupasan dan sortasi biji secara cermat dan diakhiri dengan pengujian cita rasa (cup test). (*)

Penulis : Eno
Editor : Rahmad