Forkopimda Toraja Utara Tinjau Logistik Pemilu 2024 dan Pastikan Kesiapan Pendistribusian

TORAJA TIMES.COM – Toraja Utara | Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Toraja Utara siang tadi, Rabu, 7 Februari 2024 melakukan perkunjungan di gudang logistik Pemilu KPU Toraja Utara.

Pada kunjungannya, Forkompimda yang di pimpin langsung Asisten I Bidang Pemerintahan, Yermia Marewa mewakili Bupati Toraja Utara, bersama Wakapolres Toraja Utara, Kompol, Marten Buttu, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol ARM.Bani K.Sepang, Kajari Tana Toraja yang diwakili, Didi Kurniawan B, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Gabbung Limbong melakukan peninjauan langsung untum memastikan kesiapan logistik Pemilu di Gudang KPU Toraja Utara.

Asisten I Bidang Pemerintahan bersama Dandim 1414/Tator melihat langsung semua logistik mulai dari Kotak Suara, Kertas Surat Suara, CPlano termasuk kendaraan untuk melakukan pendistribusian di 21 Kecamatan ze Toraja Utara.

Yermia selaku Asisten I mewakili Bupati Toraja Utara usai melakukan pengecekan seluruh ligistik mengatakan bahwa kami bersama Forkompida baru tadi meninjau seluruh logistik Pemilu, dan yang disampaiakan Ketua KPU Toraja Utara bahwa seluruh logistik pemilu semua sudah rampung dan siap untuk dilakukan pendistribusian ke seluruh Lembang dan Kelurahan di 21 Kecamatan se Toraja Utara.

“Jadi kunjungan kami ke gudang logistik KPU Toraja Utara mengecek langsung kesiapan KPU, apakah sudah tidak ada lagi yang menjadi kendala terkaitlogistik. Dan kami bersama pak Dandim 1414/Tator, Kejaksaan, Wakapolres, Kesbang dan Bawaslu sudah mengecek langsung satu persatu dan sudah siap untik di distribusikan pada tanggal 10-12 Februari.
“Ya, kami berharap semua logistik pemilu yang akan di distribusikan ke lembang dan kelurahan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana dan tidak ada kendala, sehingga pada tanggal 14 Februari 2024 pemilu berjalan dengan lancar dan sukses,”tutur Yermia Marewa.

Disampaikan juga Didi Kurniawan mewakili Kajari Tana Toraja bahwa kehadiran kami selaku Forkopimda Toraja Utara mengecek dan meninjau langsung kesiapan KPU Toraja Utara terkait logistik Pemilu 2024. Dari pengecekan kami tadi, seluruh logistik pemilu sudah siap, tinggal melakukan pendistribusian ke Lembang dan Kelurahan. Dan itu juga di sampaikan ketua KPU Toraja Utara bahwa logistik sudah siap,”ujarnya.

Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan yang di temui media Toraja Times menyampaikan bahwa seluruh logistik pemilu sudah rampung dan siap untuk dilakukan pendistribusian ke Lembang dan Kelurahan di 21 Kecamatan se Toraja Utara.

Dia menjelaskan bahwa pendistribusian logistik pemilu dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 10-12 Februari 2024.

Pendistribusian pertama tanggal 10 Februari ada 2 Daerah Pemilihan yakni Dapil 5 meliputi Kecamatan Kapalapitu, Rindingallo, Baruppu’, Buntupepesan, Awan Rantekarua dan Dende’. Dan untuk Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Tondon, Nanggala, Buntao’ dan Rantebua’.

Untuk pendistribusian kedua tanggal 11 Februari ada 2 Daerah pemilihan yakni Dapil 2 meliputi Kecamatan Sesean, Sesean Suloara’, Bangkelekila’, Sadan dan Balusu. Untuk Dapil 4 meliputi Kecamatan Sanggalangi’, Kesu dan Sopai.

Dan untuk Pendistribusian ketiga tanggal 12 Februari di Dapil 1 meliputi Kecamatan Rantepao, Tallunglipu dan Tikala.

Pada tanggal 13 Februari 2024 seluruh logistik yang sudah di distribusikan di Kecamatan-Kecamatan akan di sampaikan keseluruh TPS, sehingga pada tanggal 14 kita sudah siap untuk melaksanakan Pemilihan,”ungkap Ketua KPU Toraja Utara.

Dia juga meyampaikan bahwa untuk kertas surat suara yang rusak atau robek akan di musnahkan pada tanggal 13 sore di halaman gudang logistik KPU Toraja Utara. Dalam melakukan pemusnahan kami akan menghadirkan seluruh stakeholder dan Forkopimda Toraja Utara untuk menyaksikan proses pemusnahan kertas surat suara dan yang lainnya,”pungkas Jan Heri Pakan.(*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen