News  

Ganjar Tiba di Tongkonan Sangulele, Ketua BPS Gereja Toraja Pakaikan Pasappu’ Toraja

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Ganjar Pranowo Calon Presiden (capres) nomor urut 3 siang tadi tiba di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara bersama rombongan, Sabtu (25/11/2023).

Kedatangan Ganjar Pranowo disambut oleh tim relawan dan Partai pengusung dari PDI Perjuangan, Partai Perindo, Partai Hanura dan Partai PPP saat tiba di Tongkonan Sangulele Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja Rantepao, Toraja Utara.

Rombongan Ganjar Pranowo tiba di Tongkonan Sangulele Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja Rantepao tiba sekitar pukul 13.00 Wita. Kedatangan Ganjar Praniwo disambut meriah oleh ratusan masyarakat Toraja Utara.

Terlihat Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Pdt.Dr. Alfred Anggui, M.Th menyambut Calon Presiden Ganjar Pranowo sambil mengalungkan sarung khas Toraja (Sambu Toraja) dan Topi Toraja (Pasappu’ Toraja).

Dilanjutkan dengan pertemuan bersama para Pendeta, Tokoh Masyarakat, Relawan dan Partai Pengusung di lantai 2 Tongkonan Sangulele. Ganjar Pranowo banyak menyerap aspirasi para Pendeta, Tokoh Masyarakat, Relawan dan Partai Pengusung di Kabupaten Toraja Utara.

“Para Pendeta dan Tokoh Masyarakat meminta pendapat Ganjar Pranowo selaku Calon Presiden terkait beberapa persoalan, di antaranya pariwisata dan perlindungan perempuan di Toraja Utara dan Tana Toraja.

Respon Ganjar terkait Pariwisata bahwa untuk memajukan pariwisata, hal pertama yang mesti dilakukan adalah melakukan asassement potensi terlebih dahulu dengan menggandeng ahli-ahli di bidang pariwisata.

Menurutnya secara kasat mata, Ganjar sendiri melihat adanya satu persoalan terkait pariwisata saat tiba di Toraja, yakni soal koneksi dan integrasi transportasi ke tempat-tempat wisata. “Dan biasanya pariwisata urusannya itu harus interkoneksi, dan kalau saya nantinya dipilih oleh rakyat jadi presiden mestinya urusan ini harus diurus,”ungkapnya.

Terkait perlindungan perempuan, Calon Presiden Nomor Urut 3 ini siap memberikan perlindungan ‘ekstra’ kepada kaum perempuan dan berbekal pengalaman di DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode, Ganjar optimis bisa mewujudkannya,”ujar Mantan Gubernur Jawa Tengah.

“Ia juga menyampaikan bahwa kelompok perempuan, disabilitas, dan anak-anak. Dia lebih dulu akan mengutamakan dari yang lainnya,” jelas Ganjar.

Dalam pertemuan bersama FKUB di Toraja, Ganjar disuguhkan sejumlah makanan khas Toraja mulai dari Ikan pamarrasan, ayam palawa, dangkot ayam, hingga sop ayam. Ganjar Pranowo juga diberikan Passapu’ Toraja, tas Toraja (Sepo) dan ukiran Toraja.(*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen