Kemendagri Bakal Beri Penghargaan kepada Daerah Terinovatif pada November 2023

TORAJA TIMES.COM – JAKARTA | Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) bakal memberikan penghargaan kepada daerah Terinovatif pada November 2023. Penghargaan tersebut akan diberikan melalui gelaran Innovative Government Award (IGA).

Sejalan dengan itu, kepala pusat strategi kebijakan pengembangan sumber daya manusia (SDM), teknologi informasi, dan inovasi pemerintahan dalam negeri, Aferi S. Fudail berharap penghargaan yang diberikan tersebut dapat semakin memacu daerah untuk terus berinovasi.

Dalam sambutannya, Aferi mengatakan, IGA 2023 memiliki beberapa kategori pemenang di antaranya Provinsi Terinovatif, Kabupaten Terinovatif, Daerah Tertinggal Terinovatif, dan Daerah Perbatasan Terinovatif.

Kategori selanjutnya yakni Provinsi sangat Inovatif, Kabupaten sangat Inovatif, Kota sangat Inovatif, Pemerintah Daerah (Pemda) dengan indeks regional tertinggi, dan pemda pengirim Inovasi daerah tercepat.

Penghargaan tersebut diberikan setelah Melalui serangkaian tahapan penilaian. Hal itu meliputi tahap penjaringan, pengukuran, presentasi Kepala Daerah Nominator terkait inovasi yang dilaporkan pada aplikasi indeks inovasi daerah (IID); dan validasi lapangan oleh tim penilai.

“Kita sudah lakukan sidang pleno dengan tim penilai dengan mengukur nilai akhirnya siapa saja yang direkomendasikan untuk mendapatkan penghargaan IGA,”jelas Aferi saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan IGA 2023 di aula BSKDN, Senin (20/11/2023).

Demi pelaksanaan yang lebih baik, Aferi juga meminta jajarannya untuk terus memantau progres persiapan IGA dengan memastikan tidak ada satu hal pun yang terlewatkan. Dia juga mengingatkan jajarannya agar memastikan Pemerintah Daerah yang akan menghadiri acara tersebut dapat terinformasi dengan baik.
“Terhadap pihak-pihak yang akan terlibat terutama petugas Acara, dipastikan untuk kehadirannya. Berikan surat pemberitahuan lebih awal. Begitu pun kepada pemerintah daerah,”ungkapnya.

“Ia juga berharap, Ppnyelenggaraan tahunan tersebut dapat menumbuhkan ekosistem inovasi yang semakin subur, terutama di daerah-daerah yang inovasinya masih minim. Ini semua tidak luput dari masukan dan saran dari bapak/ibu semua, kerja sama ini semoga akan membuahkan hasil yang baik untuk pertumbuhan inovasi di daerah dan kemajuan masyarakatnya,”pungkasnya.(*)

Penulis : Desty
Editor   : Eno