Ketiga Kalinya Komisi III DPRD Toraja Utara Panggil Dinas PUTR, Kontraktor Ikut di Panggil

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | DPRD Toraja Utara melalui Komisi III kembali memanggil Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) berserta Kontraktor (Rekanan) yang mengerjakan Proyek Jalan di Kabupaten Toraja Utara.

Pemanggilan ketiga kalinya dijadwalkan besok Kamis, 25 Januari 2024 di ruang rapat Komisi III DPRD Toraja Utara.

Ketua Komisi III DPRD Toraja Utara, Harun Rantelembang, ST melalui WhatsAppnya mengatakan bahwa kami kembali memanggil Dinas PUTR Toraja Utara dan seluruh Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) selaku penanggungjawab proyek pekerjaan jalan dan seluruh Rekanan yang belum menuntaskan pekerjaan Jalan untuk Tahun Anggaran 2023 lalu.

Sebelumnya kami sudah memanggil 2 kali Dinas PUTR Toraja Utara, dan pertemuan kedua itu kami menegaskan kepada Kepala Dinas, Paulus Tandung dan seluruh PPK nya untuk segera menindaklanjuti hasil pertemuan Komisi III ini, tapi dari informasi dari masyarakat bahwa seluruh pekerjaan belum ada satupun rekanan bertindak atau melanjutkan pekerjaan,”tutur Ketua Komisi III.

“Dari itu, Komisi III DPRD Toraja Utara menjadwalkan besok, Kamis 25 Januari 2024. Dan yang kami panggil adalah Kepala Dinas PUTR, seluruh PPK dan Kontraktornya (Rekanan). Menurut Ketua Komisi III bahwa, Kontraktor (rekanan) sudah siap untuk bertemu dengan Komisi III DPRD Toraja Utara,”ungkap Harun Rantelembang kepada Media Toraja Times, Rabu (24/01/2024).

Ditambahkan Harun Rantelembang bahwa pada pertemuan kedua pada Selasa, 16 Januari 2024 lalu kami seluruh anggota Komisi III sudah menyampaikan kepada Kepala Dinas PUTR, Paulus Tandung, Kepala Bidang Bina Marga dan seluruh PPK bahwa harus disampaikan kepada seluruh rekanan untuk melanjutkan pekerjaannya yang belum selesai tahun 2023 dan terus memantau di lapangan semua pekerjaan fisik yang bermasalah. Dan mereka (rekanan) sudah di perpanjang Kontraknya,”pungkas Ketua Komisi III.

Berikut Pertemuan Kedua Komisi III DPRD Toraja Utara dan Dinas PUTR, Selasa 16 Januari 2024 :

Ketua Komisi III DPRD Toraja Utara, Harun Rantelembang usai melakukan rapat bersama Kepala Dinas PUTR mengatakan bahwa dengan kami memanggil kembali Kepala Dinas dan PPK nya untuk meminta penjelasan terkait pekerjaan jalan yang di kelola oleh Dinas PUTR Toraja Utara.

“Kami menanyakan seluruh pekerjaan jalan yang pada Tahun 2023 lalu dikerjakan belum tuntas atau belum selesai. Bahkan penjelasan pada pertemuan pertama Kepala Bidang Bina Marga dan PPK menjelaskan bahwa pekerjaan proyek jalan progresnya bervariasi seperti ada yang 62%, ada yang 35 % bahkan ada yang masih dibawah 10 %. Hal inilah yang menjadi ketegasan dari Komisi III untuk memanggil kembali Kepala Dinas PUTR, untuk memastikan, apakah pekerjaan yang belum selesai akan dilanjutkan,”kata Harun Rantelembang.

“Disampaikan bahwa dari hasil pertemuan bersama Kepala Dinas PUTR dan PPK disepakati bahwa semua pekerjaan jalan harus digenjot progresnya dilapangan, sehingga selesai sesuai dengan waktu perpanjangan Kontrak atau sampai bulan Februari 2024,”tutur Ketua Komisi III.

Seluruh anggota Komisi III DPRD Toraja Utara menegaskan bahwa setiap ruas jalan yang di kerjakan harus kita pastikan bahwa mulai besok, Rabu 17 Januari 2024 sudah ada kegiatan dilapangan. Karena dari total 18 Paket Pekerjaan, masih ada 10 paket yang progresnya masih dibawau 50 %, bahkan ada yang masih di bawah 10%,”ungkap Harun Rantelembang selaku Ketua Komisi III.

Dijelaskan juga Ketua Komisi III bahwa dengan memanggil Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Toraja Utara, Sutrisno Parintak untuk mengetahui jangan-jangan dengan keterlambatan pekerjaan di akibatkan karena proses tender yang memenangkan perusahaan yang tidak berkompeten. Tapi dari penjelasan UKPPJ, bahwa semua proses sudah sesuai dengan aturan,”ucap Harun Rantepembang.

Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Toraja Utara berharap pada dinas PUTR Toraja Utara yakni para PPK untuk tetap memantau perkembangan pekerjaan, sehingga boleh selesai sampai akhir masa perpanjangan kontrak 50 hari kalender,”imbuhnya.

Komisi III juga dalam waktu dekat akan menjadwalkan untuk menghadirkan Rekanan pada pertemuan ketiga nantinya dan sekaligus untuk di tindak lanjuti dengan kunjungan lokasi bersama,”pungkas Harun Rantelembang.

Pada Rapat Komisi III bersama Dinas PUTR dan UKPPJ, hadir Wakil Ketua Komisi III, Marten Bida, Sekretaris Komisi III, Ami Tonapa, Anggota Komisi III, Yohanis R.L, Agustinus Pongmasak, Frederik Batoarung, Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama’, Wakil Ketua DPRD, Samuel T.Lande.

Ketua Komisi III DPRD Toraja Utara membeberkan anggaran yang dikelola oleh Dinas PUTR Toraja Utara melalui Bidang Bina Marga Tahun 2023 sebesar Rp.124.753.931.232,- (Seratus dua puluh empat miliar tujuh ratus lima puluh tiga juta sembilan ratus tiga puluh satu ribu dua ratus tiga puluh dua rupiah).

Berikut beberapa rincian penganggaran paket pekerjaan Jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023 lalu :

  1. 1. Rehabilitasi jalan paket 1(DAU) Rp.17.631.388,603,-
  2. Rehabilitasi Paket 2 (DAU).
    Rp.10.515.731.032,-
  3. Rehabilitasi Paket 3 (DAU)
    Rp.11.625.597.439,-
  4. Rekonstruksi Jalan ( DAK)
    Rp.22.080.071.888,-
  5. Rekonstruksi Jln Paket 1(DAU)
    RP.12.600.851.275,-
  6. Rekonstruksi Jalan Paket 2
    (DAU) Rp.9.115.050.349,-
  7. Rekonstruksi jalan Paket 3
    (DAU) Rp.7.791.771.781,-
  8. Rekontruksi jalan Paket 4
    ( DAU) Rp.5.601.705.077,-

Penulis : Eno
Editor   : Jansen