News  

Ketua Bawaslu Toraja Utara Pimpin Apel Siaga Pengawasan Kampanye dan Deklarasi Pemilu Damai Di Alun-Alun Kota Rantepao

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Bawaslu Toraja Utara memggelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye tahun 2024 dirangkaikan Deklarasi Pemilu Damai Bawaslu yang laksanakan di Alun-alun Kota Rantepao, Sabtu (02/12/2023).

Apel siaga itu dihadiri Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sulsel, Samsuar Saleh, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol ARM Bani Kelana Sepang, Sekda Toraja Utara, Salvius Pasang dan Kepala Kejari Tana Toraja, Erianto L Paundanan, Polres Toraja Utara.

Juga hadir Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan serta jajaran Anggota KPU, pimpinan Partai Politik, Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, Pramuka dan Organisasi Kepemudaan serta seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan hingga Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) dan Sekretariat.

Selaku Pembina Apel di pimpin langsung Ketua Bawaslu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting.

Ketua Bawaslu dalam amanatnya, ia mengingatkan penyelenggara pengawas Pemilu agar bertanggung jawab kepada bangsa dan negara yang dipertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Sebagai garda terdepan pelaksanaan Pemilu, masa kampanye sudah berjalan dan digelar apel hingga deklarasi yang bukan hanya sekedar berdiri dan hormat tapi melaksanakan tanggung jawab dengan baik dan merdeka dalam menyatakan kebenaran,”terang Ketua Bawaslu Toraja Utara, Briken Linde Bonting.

“Ia juga menyampaikan bahwa pembekalan pengawasan yang hadirkan narasumber berkompeten dan Rapat Koordinasi (Rakor) telah dijalani jajaran 21 kecamatan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak bekerja.

Harapan besar Bawaslu kedepan untuk mensukseskan Pemilu 2024 dengan hasil yang baik serta penuh kegembiraan dan tegak lurus melaksanakan amanah dan Undang-undang.

“Tetap semangat dan jaga kesehatan, menjalankan tugas untuk pengabdian bangsa dan negara dan mampu memperlihatkan bahwa kita bisa berdiri dan tegak,”tutur Brikken.

Ketua Bawaslu juga menaruh harapan kepada Pemkab Toraja Utara serta jajaran Forkopimda untuk mendukung gerakan apel siaga pengawasan kampanye.

“Memasuki musim hujan ini dengan kondisi daerah kurang aman dan signal yang tidak baik maka kami harap Forkopimda untuk turun ke lokasi bersama-sama agar kita lebih dekat melihat,” pungkasnya.

Usai apel Siaga, dilanjutkan penandatanganan deklarasi Pemilu Damai oleh jajaran Forkopimda, KPU dan seluruh perwakilan Partai Politik.

Briken menambahkan bahwa hari ini turut mengambil bagian pengurus dan anggota Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu Toraja Utara yang beberapa saat lalu dibentuk oleh Bawaslu Toraja Utara,”pungkas Ketua Bawaslu Toraja Utara. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen