News  

Ketua KNPI Toraja Utara : Kami Tidak Merebut Gedung, Kami Hanya “Kembali Kerumah”

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | Setelah Kantor DPRD Toraja Utara pindah ke bekas Kantor Polres Toraja Utara dua hari lalu, tepatnya Sabtu (01/04/2023), kini kantor DPRD Toraja Utara yang terletak di Jalan Rante Kesu’ Rantepao menjadi rebutan dua pihak, antara KNPI Toraja Utara dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Toraja Utara.

Terlihat kedua pihak ini sama-sama mendatangi bekas kantor DPRD dengan membawa barang-barang inventaris, pada Senin 03 April 2023. Sejumlah pegawai Dinas PTSP dan pengurus KNPI Toraja Utara terlihat di sana. Situasi sempat menegang, namun tidak berapa lama.

Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran, menegaskan KNPI tidak merebut gedung tersebut, kami hanya “Kembali ke Rumah”, karena faktanya sebelum digunakan DPRD Kabupaten Toraja Utara, gedung ini dikenal sebagai Gedung Pemuda yang merupakan Sekretariat DPD KNPI Tana Toraja, sebelum terjadi pemekaran.

“Kami tidak merebut kok, tapi ini kan sebelumnya sudah digunakan KNPI. Lagian, kami tidak mengklaim keseluruah gedung, kami hanya akan menggunakan sebagian ruangan. Karena itu amanah Musda IV KNPI Toraja Utara dan merupakan program kerja DPD KNPI Toraja Utara,”ucap Belo Tarran selaku Ketua KNPI Toraja Utara, Senin, 03 April 2022.

Belo Tarran menambahkan, bahwa Gedung Pemuda memiliki history dalam pembentukan Kabupaten Toraja Utara.
“Pemekaran Kabupaten Toraja Utara digodok di Gedung Pemuda ini, dan yang menginisiasi dan promotor Pemekaran adalah Pengurus KNPI. Jadi masyarakat Toraja Utara dan Pemda jangan melupakan jasa-jasa KNPI,”tuturny.

Hal yang sama ditegaskan Wakil Ketua II DPD KNPI Toraja Utara Julianto Praya Palimbong bahwa Gedung Pemuda adalah marwah Pemuda Toraja Utara. “Kami akan menggunakan dan meminta sebagian ruangan untuk dijadikan sekretariat, jika tidak diberikan, kami akan melawan,”tegasnya.

Kami hanya meminta sebagian ruangan untuk dijadikan sekretariat KNPI, karena disitu juga akan digunakan OKP-OKP yang berhimpun di KNPI Toraja Utara dalam melaksanakan kegiatan kepemudaan.

“Jadi itu marwah Pemuda Toraja Utara, jika tidak berikan sedikit, kami akan melawan,” tegas Anto’ sapaan akrabnya.

Disampaikan pula, Wakil Ketua III KNPI Toraja Utara, William Rantetondok menegaskan bahwa saat ini KNPI Toraja Utara tidak memiliki sekretariat.

“Jadi kami akan duduki sebagian Gedung Pemuda, karena KNPI tidak memiliki Sekretariat. Sebelumnya KNPI bersekretariat di Art Center, karena di bongkar dan ditata kami dipaksa pindah tanpa ada solusi dari Pemerintah Daerah,” tegas William.

Sekarang DPRD telah pindah,  maka kami akan kembali ke Gedung Pemuda. Apapun yang terjadi kami akan kembali ke Gedung Pemuda,” pungkas William. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki