News  

Koramil 1414/09 Saluputti Bersama Masyarakat Gelar Aksi Indonesia Bersih Sehat

TORAJA TIMES.COM – TANA TORAJA | Guna mengantisipasi bencana alam dimusim penghujan, program Mencapai Indonesia Bersih, Sehat, dan Hijau digelar di pasar Rantetayo, Jumat (08/12/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Koramil 1414-09/Saluputti bekerjasama dengan Polsek Saluputti dan Pemerintah Kecamatan Rantetayo ini dengan bergotong royong bersama masyarakat membersihkan sampah plastik yang menutup selokan air dan draknase yang ada di pasar, serta membersihkan sampah-sampah yang menumpuk.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi bencana alam di musim penghujan saat ini, terkhusus banjir, selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dari program Mencapai Indonesia Bersih Sehat dan Hijau, agar lingkungan kita tetap terjaga dengan baik,” ungkap Peltu. Cornelius Lolo, Dandramil 09 Saluputti kepada Toraja Times.

Pada kegiatan tersebut tampak masyarakat bersama TNI – Polri bahu membahu, bahkan tidak ketinggalan siswa-siswi pelajar juga ikut meluangkan waktunya untuk turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Ini kegiatan yang sangat baik, kita semua dapat berpartisipasi dalam kebersihan lingkungan serta mengantisipasi terjadinya bencana banjir yang disebabkan oleh saluran air maupun drainase yang terkadang tersebumbat. Harapan saya kegiatan ini terus digalakkkan menuju Indonesia bersih sehat dan hijau,” kata Martinus Mellolo, Camat Rantetayo.

Ikut dalam kegiatan tersebut, Ibu-ibu persit koramil 09/Saluputti dan sejumlah Ibu-ibu yang berjualan dipasar juga turun terlibat langsung membersihkan sampah yang berserahkan di pasar Rantetayo.

“Kegiatan semacam ini yang sangat perlu, terimakasih kepada bapak TNI sudah hadir untuk mengedukasi kami masyarakat dalam menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan kita ini agar kami masyarakat tetap sehat selalu,” kata Kurniawati, warga di pasar Rantetayo.

Selain itu juga digelar aksi jumat berkah, sejumlah personil dari Koramil 1414-09/Saluputti membagikan bingkisan kepada masyarakat disekitar pasar Rantetayo usai melakukan kegiatan program Indonesia Bersih, Sehat dan Hijau.

Sementara itu sampah yang telah dibersihkan, dikumpul dan selanjutnya dibawah dan dibuang di TPA padang iring, menggunakan kendaraan roda empat. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen