News  

Lantik 8 Kepala Lembang dan 1 Lurah, Ombas Punya Pesan Jadilah Pemimpin yang Dikenang Sepanjang Masa

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Hari ini Senin, 20 Nopember 2023, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE.,M.Si melaksanakan Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat administrator, pejabat pengawas dan 8 Kepala Lembang (Desa) lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara di Ruang Pola Kantor Bupati di Marante.

Pada Pelantikan, Bupati Yohanis Bassang (Ombas) mengawali pelantikan Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan dilanjutkan Pelantikan 8 Kepala Lembang (Desa) dan 1 Lurah.

Bupati Toraja Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jabatan Kepala Lembang (Desa) ini hanya enam tahun, sehingga jadilah pemimpin yang akan dikenang sepanjang masa oleh masyarakatnya, dalam melayani di Lembang masiang-masing,”kata Yohanis Bassang (Ombas).

Kepada Bapak/Ibu Kepala Lembang yang dilantik hari ini, selama enam tahun itu, buatlah kesan di Lembang Bapak/Ibu agar masyarakat bisa ingat, masyarakat bisa kenang seperti mengerjakan jalan banyak di cor, jalan bersih dan bantuan – bantuan dari pemerintah yang masyarakat dapat merasakan.

Bupati juga menyampaikan agar tidak membeda-bedakan dalam memberikan bantuan apakah itu BLT, PKH. Masyarakat yang sudah mapan hidupnya tidak usah dikasih lagi, sehingga tidak menimbulkan masalah agar bantuan tersebut jangan salah sasaran,”tutur Ombas sapaan akrabnya.

“Ia menambahkan bahwa Pemimpin itu harus punya tiga syarat yaitu dia smart, punya hati dan Bijak. Kalau sudah memiliki hal ini maka dia akan menjadi pemimpin yang akan selalu dikenang oleh masyarakat di Lembangnya,”ujar Yohanis Bassang.

Berikut 8 Nama Kepala Lembang (Desa) dan 1 Lurah yang dilantik yaitu :

  1. Yosep Karni Pasongka’, Kepala Lembang Salu, Kecamatan Sopai
  2. Yunus Rombe, Kepala Lembang Salu Sarre, Kecamatan Sopai
  3. Dedy Pallangan, Kepala Lembang Salu Sopai, Kecamatan Sopai
  4. Alexander, Kepala Lembang Dende, Kecamatan Denpina
  5. Robin Sulu, Kepala Lembang Tonga Riu, Kecamatan Sesean Suloara’
  6. Betrand Palamba, Kepala Lembang Karua, Kecamatan Balusu
  7. Marthina Kombong, Kepala Lembang Batu Busa, Kecamatan Buntupepasan
  8. Imanuel Arung Tanga, Kepala Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila’
  9. Nikolajes, Lurah Pa’paelean, Kecamatan Sanggalang’.

Hal terpisah disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Lembang, Dra.Simbong Ranggina menyampaikan bahwa setelah pelantikan ini para Kepala Lembang (Kalem) dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan tentunya juga harapan yang sama dari masyarakat lembangnya.

“Ia berharap kepada Kepala Lembang yang baru, agar dapat meneruskan apa yang sudah baik oleh Kepala Lembang sebelumnya dan membenahi atau memperbaiki apa yang masih kurang baik,”ungkap Kepala Dinas DPML Toraja Utara

“Ia juga tak lupa menyampailan terima kasihnya kepada semua panitia mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat lembang, TNI, Polri, Satpol PP, BPL, Media, masyarakat serta semua pihak yg sdh mendukung terselenggaranya Pemilihan Kepala Lembang (Desa) di 8 lembang yang tersebar di 6 Kecamatan, Kabupaten Toraja Utara,”pungkas Simbong Ranggina.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut yakni Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong, Sekda Salvius Pasang , Dandim 1414/Tator Letkol ARM Bani Kelana Sepang, Kadis DPML Simbong Ranggina ,Sekdis DPML Anugerah Yaya Rubdupadang, Asisten, beberapa Kepala OPD, Camat dan BPL dari 8 Lembang .(*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen