News  

Pelepasan dan Penyaluran Bantuan Cadangan Beras Miskin, Bupati Toraja Utara Tegaskan Saya Laporkan Ke Polisi Kalau Ada Yang Kongkalikong

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Pemerintah Kabupaten Toraja Utara hari ini, Senin (08/05/2023) gelar Pelepasan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk bantuan pangan kepada masyarakat miskin Tahun 2023 bertempat di halaman gudang Bulog Tondon Langi’ Kecamatan Tondon.

Dalam Kegiatan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk bantuan pangan kepada masyarakat miskin, hadir Kepala Cabang Bulog Toraja Utara, para Asisten, Kadis Sosial, para Camat, Kepala Lembang dan Lurah serta beberapa kelompik masyarakat penerima beras miskin.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE,.M.Si dalam sambutannya menegaskan bahwa untuk bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat Miskin di Kabupaten Toraja Utara diperlukan pendataan secara jelas dan transparan, jangan ada yang di main-mainkan dan betul-betul yang layak mendapatkan,”ucapnya.

Disampaikan pula bahwa dengan adanya bantuan beras miskin ini, banyak laporan keberatan masuk ke saya (red.Bupati) terkait kewenangan masyarakat yang layak dan tidak layak.

Jadi saya minta kepada Kepala Lembang/Lurah, Camat dan lebih khusus kepada Dinas Sosial agar betul-betul dilakukan pendataan yang benar. Jangan sampai masyarakat yang di data adalah masyarakat mampu alias punya rumah batu, punya mobil dan pakai kelung Emas mendapatkan beras 10 Kg, ini kan tidak masuk akal. Untuk itu, saya minta kepada Kepala Lembang/Lurah, Camat dan Kepala Dinas Sosial agar mengecek ulang data-data masyarakat, apakah layak atau tidak masyarakat mendapatkan bantuan beras miskin ini.

“Jangan terburuh-buruh untuk disalurkan, dan saya tidak mau dengar ada keberatan dan keluhan masyarakat. Kalau dalam Penyaluran ini, ada masyarakat keberatan jangan salahkan saya, apalagi kalau ada permainan di dalamnya, saya pastikan akan lapor ke Polisi,”tegas Yohanis Bassang.

“Sekali lagi, saya ingatkan kepada Kepala Lembang/Lurah, Camat dan Kepala Dinas dan para Pendamping agar melakukan pendataan yang benar, yang pantas dan layak mendapatkan bantuan beras miskin ini harus di data. Kalau perlu hasil pendataan dilakukan uji publik, tempel di kantor Lembang/Lurah, Kantor Camat dan Kantor Dinas Sosial baru sampaikan ke masyarakat, biar masyarakat datang melihat apakah daftar nama yang di data oleh aparat lembang/kelurahan, Camat dan Dinas Sosial sudah benar dan layak mendapatkan bantuan beras miskin. Kalau ada masyarakat yang keberatan, lakukan tindakan untuk tidak dimasukkan sebagai penerima bantuan beras miskin,”tegas Bupati Yohanis Bassang.

Beberapa hari lalu ada masyarakat dari Kecamatan Sesean di Lembang Bori Ranteletok keberatan dengan adanya masyarakat yang tidak masuk dalam daftar data penerima beras miskin, padahal mereka itu seharusnya diberikan. Bahkan ada yang punya mobil dan rumah batu kok bisa mereka dapat beras miskin. Dan masih ada juga orang yang sudah meninggal masih mendapatkan bantuan beras miskin. Ada juga yang pergi merantau masih di berikan bantuan beras miskin. Ini ada apa, jadi saya tegaskan kepada kita semua, khususnya Kepala Lembang/Lurah, Camat, Dinas Sosial dan Pendamping kalau ketahuan ada yang bermain-main terhadap bantuan beras miskin ini, saya akan laporkan anda ke Polisi. Tidak ada urusan bagi saya, jangan main-main. Begitu saya tau, saya pastikan laporkan anda ke Polisi,”ungkap Bupati dengan nada yang sangat marah.

“Tak sungkan, kemarahan Bupati pun di utarakan kepada Kepala Cabang Bulog Toraja Utara Ariep Puji Laksono, bahkan Bupati menyindir jangan sampai bapak juga tau hal ini. Jadi sekali lagi saya tegaskan kepada kita semua, jangan main-main masalah ini, kalau ada saya tau terjadi kongkalikong sayanakan laporkan anda ke Polisi.

Bupati Yohanis Bassang juga memerintahkan kepada para Asisten untuk menelusuri cara perekrutan pendamping ini, kalau ada permainan saya akan buatkan surat untuk di tinjau ulang,”tuturnya.

Ditambahkan, bahwa marilah kita melayani dengan hati dan tulus. Jangan kita lakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan. Kasihan masyarakat kita yang betul-betul membutuhkan dan tidak di beri bantuan. Apalagi kalau masyarakat hanya sebatang kara, tolong itu di perhatikan,”tutup Bupati Yohanis Bassang dalam mengakhiri sambutannya.

Usai memberikan sambutan, di lanjutkan oleh Bupati melakukan penyerahan secara simbolis bantuan beras miskin kepada beberapa masyarakat penerima bantuan yang di dampingi kepala Cabang Bulog Toraja Utara dan Kadis Sosial.(*)

Editor : Eno