Pendeta Alfred Anggui : Festival Sungai Sa’dan Momentum Besar Bagi Masyarakat Toraja

TORAJA TIMES.com – Toraja Utara | Festival Sungai Sa’dan dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-77 Gereja Toraja adalah yang pertama kalinya di gelar dan menjadi momentum besar bagi masyarakat Toraja untuk kembali menjaga dan memelihara Sungai Sa’dan.

Festival Sungai Sa’dan yang hari ini, Rabu 10 April 2024 di laksanakan Pembukaan dengan acara awal Ibadah Raya I yang ditempatkan di Karonanga Sa’dan Ulusalu, Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara.

Ketua BPS Gereja Toraja, Pdt.Dr. Alfred Anggui, M.Th saat di konfirmasi mengatakan bahwa kegiatan Hari Ulang Tahun ke 77 Gereja Toraja berlangsung hari ini Rabu tanggal 10 April di Karonanga’ Sa’dan Ulusalu. Dan untuk hari Kamis -Sabtu, tanggal 11-13 besok di lokasi To’Barana’.

Pendeta Alfred Anggui mengungkapkan bahwa Festival Sungai Sa’dan yang pertama kali digelar ini, akan menjadi momentum besar bagi masyarakat Toraja untuk kembali menjaga dan memelihara Sungai Sa’dan,”Ungkap Ketua Umum BPS Gereja Toraja.

Lanjut Alfred bahwa di hari ulang tahun ke 77, kali ini Gereja Toraja menfokuskan pelayanan bersama melalui revitalisasi sungai sebagai sumber kehidupan dan perkembangan peradaban.
“Kalau dilihat dalam Alkitab, sangat jelas betapa salah satu gambaran Yerusalem Baru ialah adanya aliran air sungai kehidupan yang jernih,” terang Pendeta Alfred Anggui.

Disampaikan Ketua Umum BPS Gereja Toraja bahwa untuk hari Kamis sampai Sabtu, tanggal 11-13 kegiatan di Sa’dan To’barana untuk persiapan dilaksanakan penanaman pohon di 3 Lokasi. Jadi untuk penanaman Pohon kita fokuskan di Hulu Sungai Sa’dan, ada beberapa jenis pohon yang di siapkan oleh Panitia Pelaksana Festival dan untuk bantaran sungai kita tanam pohon bambu dan ini serentak penanaman pohon dimasing-masing lokasi.
“Ada sebanyak 2.500 Pohon yang akan di tanam di Hulu Sungai Sa’dan dan di Bantaran Sungai. Panitia, Jemaat di Klasis, Kodim 1414 Tana Toraja, Relawan dan anak-anak SMA sejak tanggal 6 April sudah menggali lubang sebanyak 2.500 lubang untuk siap di tanami pohon dan bambu,”ujar Pendeta Alfred Anggui.

Ditambahkan bahwa Hari Ulang Tahun ke 77 Gereja Toraja diharapkan menjadi moment penting bagi kita untuk kembali menjadikan sungai Sa’dan sebagai sumber kehidupan untuk masyarakat Toraja kini dan di masa depan,”pungkas Ketua Umum BPS Gereja Toraja kepada media Toraja Times. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Rahmad