News  

Perumda Mekar Sejahtera Toraja Utara Kelola 14 lokasi Parkiran dan Menyetor ke PAD Sebesar Rp.200 juta, Salpinus Sawelinggi : Perumda Tidak Pernah Di Bantu APBD

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Perumda Mekar Sejahtera adalah salah satu perusahan umum daerah yang mengelola perkiran di 14 titik di Kabupaten Toraja Utara.

Seperti diketahui bahwa Perumda Mekar Sejahtera ini sudah lama berdiri di Kabupaten Toraja Utara dan merupakan perusahaan milik pemerintah kabupaten Toraja Utara.

Direktur Mekar Sejahtera, Salpinus Sawelinggi saat di temui di ruang kerjanya, Jumat (24/03/2023) mengatakan bahwa Perumda Mekar Sejahtera mulai berjalan sejak Tahun 2017,” ucapnya.

Salpinus Sawelinggi kepada media Toraja Times menjelaskan bahwa sejak mengelola parkiran tidak pernah tersentuh bantuan Pemerintah melalui APBD. Malah kami yang bantu Pemerintah dengan kewajiban sebesar Rp.200 juta untuk Tahun 2023 sebagau Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pada Tahun 2022 yang lalu kewajiban kami untuk menyetor ke Pemerintah sebesar Rp.100 juta sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Untuk diketahui bahwa Perumda Mekar Sejahtera mengelola 14 titik/tempat parkiran yang berada di Kota Rantepao seperti pada Alfa Midi, Bungkang bank mandiri, bank BNI, Bank Papua, Bank Danamon, Bank BRI dan beberapa titik lagi.

“Ia juga menyampaikan bahwa dari 14 titik tempat parkiran yang di kelola Perumda Mekar Sejahtera rata-rata mendapatkan penghasilan sebesar Rp.2-3 juta per bulan pertitik atau per lokasi.

Ditambahkan bahwa karyawan yang bekerja di tempat-tempat parkiran sebanyak 14 orang juri parkir. Pemberian gaji dalam bentuk persenan bukan gaji bulanan. Jadi kalau juru parkir mendapatkan perminggu sebesar Rp.2 juta dia di beri sebesar 30 % (persen) tergantung berapa besar yg di dapatkan selama 1 minggu. Karena pemberian upah ini dalam bentuk persen jadi setiap minggu menyetor dan langsung di potong sebesar itu,”tutur Salpinus Sawelinggi.

“Seperti yang disampaikan bahwa kami dari Perumda Mekar Sejahtera tidak pernah di bantu atau di suntik dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Untuk Tahun ini 2023 kami mencoba mengelola penjualan pupuk Organik buatan Perumda Mekar Sejahtera, jadi mudahan dalam tahun ini sudah bisa berjalan dan kami berharap masyarakat dapat membeli pupuk organik di perumda,”pungkas Direktur Perumda Mekar Sejahtera kepada Media Toraja Times. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki