News  

Sawahnya Kering Akibat adanya PLTM Maiting Hulu-2, Ratusan Masyarakat Lembang Pengkaruan Manuk Demonstrasi di Kantor PT Berantas Prospek Energy

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Ratusan Masyarakat Lembang Pengkaruan Manuk, Kecamatan Buntupepasan, Kabupaten Toraja Utara geruduk dan lakukan Aksi Demonstrasi di depan kantor PT Berantas Prospek Energy selaku Pengelola PLTM Maiting Huku -2 dengan menutut janji dari PT Brantas Prospek Energy yang sampai sekarang belum di penuhi, Senin (31/07/2023).

Aksi Demonstrasi Masyarakat Lembang Pengkaruan Manuk, Kecamatan Buntupepasan menagih janji yang sudah lama di janjikan dari PT Brantas Prospek Energy.

Imanuel Dolli selaku Koordinator Lapangan (Korlap) memimpin Aksi Demonstrasi di deoqn kantor PT Brantas Prospek Energy.

Masyarakat yang datang gelar Aksi Demonstrasi ada Empat Dusun yang berada di Lembang Pengkaruan Manuk, Kecamatan Buntupepasan mengeluh sejak berdirinya PLTM Maiting Hulu-2 yang di kelola oleh PT Brantas Prospek Energy.

“Keluhan ratusan masyarakat ini sudah berlangsung lama dan sudah meminta kepada pihak PT Brantas Prospek Energy untuk melakukan perbaikan tapi di sayangkan sampai sekarang belum juga diperbaiki,”ujar Imanuel Dolli.

Imanuel Dolli mengatakan bahwa sebelum berdirinya PLTM Maiting Hulu-2 yang di kelola oleh PT Brantas Prospek Energy, masyarakat tidak pernah mengeluh terkait aliran air sungai ke sawah. Begitu ada PLTM Maiting semua sawah yang ada disini kering, tidak ada air yang masuk ke sawah,”tutur Imanuel Dolli.

Berikut tuntutan Ratusan Aksi Masyarakat Lembang Pengkaruan Manuk, Kecamatan Buntupepasan kepada PT Brantas Prospek Energy :

  1.  Meminta segera dan secepatnya untuk memperbaiki kembali saluran air untuk sawah masyatakat,
  2. Meminta kepada PT Brantas Prospek Enery untuk segera memperbaiki Jalan dan Jembatan yang rusak,
  3. Meminta kepada PT Brantas Prospek Energy untuk memasang Penerangan Jalan Umum (PJU,
  4. Meminta PT Brantas Prospek Energy untuk memperbaiki secepatnya kolam penampungan air PLTM Maiting yang runtuh,
  5. Meminta kepada PT Brantas Prospek Energy untuk memagar areal PLTM Maiting Hulu-2 karena sangat membahayakan masyarakat.

Dari 5 tuntutan ratusan masyarakat yang menggelar Aksi Demonstrasi di depan Kantor PT Berantas Prospek Energy mendesak kepada Manajer dan Pimpinan untuk segera memperbaiki. Apabila dalam waktu dekat ini aspirasi kami tidak dibtindaklanjuti maka kami akan melakukan aksi berikutnya yang lebih besar lagi,”jelas Koordinator Lapangan Imanuel Dolli.

Imanuel Dolli menambahkan bahwa PLTM Maiting Hulu-2 yang dikelola PT Berantas Prospek Energy belum di resmikan sampai sekarang, tapi kok sudah melakukan Operasi dan kerjasama dengan PT PLN,”ungkap Imanuel.

Aksi Demonstrasi Ratusan Masyarakat Lembang Pengkaruan Manuk, Kecamatan Buntupepasan berjalan damai dan di kawal oleh puluhan aparat Kepolisian dari Polres Toraja Utara dan Koramil 08 Rindingallo Kodim 1414 Tana Toraja.

Editor : Eno