SMP Negeri 1 Rantepao Toraja Utara Terbakar

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rantepao, Kabupaten Toraja Utara terbakar, Minggu, 7 Januari 2024.

Beberapa ruangan kelas, ruang guru, dan laboratorium di komplek SMP Negeri 1 Rantepao ludes terbakar.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 12.30 Wita itu menghanguskan dua blok bangunan di bagian timur dan selatan.
“Selain itu, satu ruangan di gedung yang baru dibangun berlantai dua, juga sempat dilalap api, namun segera dipadamkan sehingga tidak meluas.

Kebakaran yang terjadi tiba-tiba itu membuat panik warga sekitar. Warga kemudian bergotong royong memadamkan api dengan peralatan seadanya. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Toraja Utara tiba di lokasi beberapa saat kemudian.

“Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan serta mengisolasi api sehingga tidak merambat ke ruangan lain. Sehingga sederet ruangan berlantai dua yang baru saja di bangun di blok bagian barat dan selatan, selamat dari sijago merah. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.00 Wita.

Aparat kepolisian belum memberikan penjelasan terkait penyebab kebakaran. Polisi sudah memasang garis polisi (police line) di lokasi kebakaran guna penyelidikan penyebab kebakaran.

Belum diketahui pula berapa total kerugian material yang diakibatkan oleh kebakaran ini.

Pantauan Toraja Times pada Minggu siang, beberapa jam setelah kebakaran, terlihat setidaknya 7 ruangan kelas yang terbakar di sisi timur. Juga ada ruang laboratorium di blok itu, yang ikut terbakar. Dan di blok bagian selatan, ada ruang guru, ruang BP, kantor, dan dua ruang kelas.

Terlihat sejumlah dokumen penting ikut terbakar. Terlihat pula asap masih mengepul dari tumpukan dokumen berupa kertas-kertas yang sebagian besarnya sudah terbakar. Fotocopy ijazah milik siswa juga terlihat berserakan.

Pada sejumlah titik api masih menyala, bara juga terlihat. Api belum benar-benar padam. Sementara itu banyak warga berdatangan ke lokasi kebakaran untuk melihat langsung kondisi gedung sekolah yang terbakar. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Jansen