News  

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023, “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

TORAJA TIMES.COM – Toraja Utara | Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2023, Mendikbud Ristek Republik Indonesia mengangkat tema secara Nasional. Berikut uraian terkait tema Hari Pendidikan Nasional 2023. Apa yang menjadi tema peringatan tahun 2023 !!

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah perayaan yang diadakan setiap tahun di Indonesia pada tanggal 2 Mei, untuk memperingati lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang sangat dihormati dan diakui keberhasilannya dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Hardiknas menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia untuk menghargai dan mempromosikan pendidikan sebagai kunci penting dalam pembangunan bangsa.

Tema Hardiknas biasanya dipilih dengan tujuan memotivasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia, khususnya para pendidik dan pelajar, untuk memperhatikan isu-isu penting dalam dunia pendidikan dan mendorong perubahan positif dalam sistem pendidikan Indonesia.

Tema ini biasanya mencerminkan tantangan dan peluang dalam bidang pendidikan, dan memberikan arahan tentang cara mengatasi tantangan tersebut.

Dalam surat bernomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI memuat beberapa pedoman upacara Hardiknas 2023 yang bisa diikuti oleh masyarakat Indonesia pada 2 Mei 2023.

Salah satu item yang menjadi keputusan dalam surat tersebut adalah menetapkan bahwa tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Tema Hardiknas 2023 yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” mencerminkan semangat perubahan yang positif dalam dunia pendidikan di Indonesia, serta menunjukkan upaya untuk memperkuat Merdeka Belajar sebagai sebuah program penting dalam pendidikan nasional.

Tema ini juga menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama antara semua pihak yang terkait dalam dunia pendidikan.

Konsep Merdeka Belajar sendiri merupakan bagian dari reformasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Merdeka Belajar memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan memilih sendiri jalur pendidikan yang diinginkan, dengan berbagai macam pilihan pendidikan yang tersedia.

Konsep ini sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di era digital saat ini.

Dalam konteks Tema Hardiknas 2023, “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para pendidik dan pelajar, dapat bergerak bersama untuk memperkuat konsep Merdeka Belajar dan memberikan semangat positif dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Selain itu, tema ini juga menekankan pentingnya semangat kolaborasi dan kerja sama antara berbagai pihak yang terkait dalam dunia pendidikan, seperti pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat.

Melalui tema ini, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam dunia pendidikan di Indonesia, dengan mendorong semangat mandiri dan inovasi dalam belajar, serta mengembangkan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak yang terkait dalam pendidikan.

Semua ini bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas dan lebih merdeka, sehingga mampu mempersiapkan siswa Indonesia untuk menjadi generasi yang cerdas dan kompetitif di kancah global. (*)

Editor : Eno