News  

Wujudkan PAM Swakarsa, AKBP Zulanda Perintahkan Pada Seluruh Bhabinkamtibmas Agar Menjadi Motor Penggerak

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Kepolisian Resort Toraja Utara Polda Sulsel melaksanakan apel Kasat Kamling (Ketua Satuan Kemanan Lingkungan) dalam rangka meningkatkan pengamanan swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif.

Apel Kasat Kamling yang digelar dipimpin langsung oleh Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK.,M.Si yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Toraja Utara, Rabu (21/06/2023) pagi.

Mengangkat Tema “Kita tingkatkan sinergitas Petugas Satkamling guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka Pemilu Serentak 2024”, Apel Kasat Kamling diikuti oleh Personel Satuan Samapta, Personel Bhabinkamtibmas, Personel Gabungan Satuan Reserse dan Intel, Prajurit Kodim 1414/Tator, para Kasat Kamling, dan Anggota Sat Pol PP.

Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK.,M.Si selaku pemimpin apel dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel Kasat Kamling ini dilaksanakan untuk memantapkan sistem keamanan Masyarakat secara swakarsa atau mandiri.

“Ini merupakan wujud nyata peran serta dan kepedulian masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif,”tutur Kapolres.

Di tengah keterbatasan Personel, saya memerintahkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas yang melekat pada setiap Kelurahan ataupun Lembang agar bisa menjadi motor penggerak aktivitas komponen Masyarakat dalam mewujudkan pengamanan swakarsa,”ujarnya.

Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) sendiri merupakan perwujudan dari pemeliharaan keamanan dan ketertiban dalam Masyarakat di lingkungan masing-masing, kata kapolres.

Kapolres berharap dengan digelarnya Apel Kasat Kamling akan meningkatkan kesadaran Masyarakat dalam menumbuhkan sikap mental, kepekaan dan daya tangkal sehingga dapat berpartisipasi mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif.

“Di akhir sambutannya, Ia meminta melalui kegiatan ini, kita bisa meningkatkan soliditas dan membangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, TNI/Polri dan para Stakeholder lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan menjelang pemilu serentak 2024,”pungkas AKBP Zulanda.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan pemberian hadiah oleh Kapolres Toraja Utara selaku pimpinan apel kepada Kasat Kamling yang menjadi juara lomba Sat Kamling yang diadakan oleh Sat Binmas Polres Toraja Utara dengan kriteria penilaian keaktifan serta, kepahaman tugas dan tanggung jawab dalam menangani gangguan Kamtibmas. (*)

Editor : Eno