News  

Anggota DPRD Toraja Utara Soroti Para Kepala OPD dan Direktur RSU Pongtiku, Apa Itu !!

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Pemerintah Kabupaten Toraja Utara hadiri undangan Hari Ulang Tahun Ke-17 Belopa Kota Pemerintah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Kamis 16 September 2023.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang bersama beberapa Kepala OPD, Sekwan Toraja Utara dan Kepala Rumah Sakit Pongtiku ikut rombongan Bupati menghadiri HUT Ke-17 Belopa sebagai ibu Kota Kabupaten Luwu di sulawesi selatan.

“Menghadiri Hut Ke-17 Belopa Kabupaten Luwu, rombongan Bupati Toraja Utara mengalami insiden kecelakaan yang terjadi saat masuk Kota Palopo. Setelah di ketahui, mobil yang mengalami insiden kecelakaan adalah mobil Ambulance milik Rumah Sakit Pongtiku Kabupaten Toraja Utara.

Toraja Times.net mencoba mengkonfirmasi melalui via seluler Direktur Rumah Sakit Umum Pongtiku Kabupaten Toraja Utara, Drg Margaretha Sura membenarkan bahwa mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan tabrakan setelah masuk Kota Palopo,”ucapnya.

“Beruntung Mobil Ambulance RSUD Pongtiku yang di tumpangi Direktur Rumah Sakit Umum Pongtiku hanya mengalami kecelakaan ringan sehingga tidak ada korban jiwa. Kerusakan Mobil Ambulance hanya bamper depan sebelah kanan.

Direktur RSUD Pongtiku juga menjelaskan bahwa apa yang di alami Mobil Ambulance Milik RSUD Pongtiku adaalah kelalaian Sopir. “Saya sudah ingatkan untuk berhati-hati dalam membawa kendaraan,”ujarnya.

“Disampaikan pula bahwa kepergian Mobil Ambulance Rumah Sakit Umum Daerah Pongtiku Toraja Utara bersama rombongan Bupati Toraja Utara untuk menghadiri Undangan Hut Ke-17 Belopa Kabupaten Luwu. Mobil Ambulance ini di gunakan untuk menjaga dan mengantisipasi apabila bapak Bupati tiba-tiba naik gulanya atau kolesterolnya,”tutur Drg.Margaretha Sura.

“ditanyakan bahwa apakah Mobil Ambulance milik RSUD Pongtiku yang ikut bersama rombongan Bupati menghadiri undangan Hut ke-17 Belopa Kabupaten Luwu adalah permintaan Bupati…!! Kepala RSUD Pongtiku mengatakan bahwa tidak ada permintaan dari Bupati Toraja Utara, seperti biasa kalau Bapak Bupati ada kunjungan atau undangan keluar baru kami gunakan mobil ambulance,”ucap Direktur RSUD Pongtiku.

Ditambahkan lagi bahwa Mobil Ambulance milik RSUD Pongtiku, menurut Drg Margaretha Sura itu sering kami bawa, karena kita ketahui bahwa Bapak Bupati Yohanis Bassang sering naik kolesterol dan gulanya. Jadi mobil ambulance kami ikutkan sebagai mobil P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan),”pungkasnya.

Dengan terpisah, Anggota DPRD Toraja Utara Julianto Mapaliey menyoroti beberapa Kepala OPD yang meninggalkan beberapa kegiatan di Pemerintahan Toraja Utara termasuk adanya kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan. Harusnya para Kepala OPD menghadiri Musrebang Tingkat Kecamatan, bukan pergi hanya untuk menghadiri salah satu kegiatan di daerah lain,”himbuhnya.

“Musrenbang Tingkat Kecamatan sangat penting untuk dihadiri para Kepala OPD, bukan menghadiri kegiatan lain, apalagi di kabupaten lain. Kok lebih di pentingkan menghadiri kegiatan kabupaten lain. Dan harusnya Bupati Yohanis Bassang tegas dan tidak mengikutkan beberapa Kepala OPD nya menghadiri kegiatan di luar kabupaten, karena Pemerintah Toraja Utara sekarang lagi sibuk-sibuknya melaksanakan Musrenbang Tingkat Kecamatan yang sementara berjalan,”kesal Julianto Mapaliey melalui Via selulernya, Jumat (17/02/2023).

Dengan menghadiri kegiatan di luar Kabupaten yang tidak terlalu penting dan urgen sementara agenda yang lebih penting di Pemerintah masih banyak belum selesai seperti Musrenbang di tingkat kecamatan dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Sistem Akuntabilitas Kenerja Instansi Pemerintahan (SAKIP),”terang Julianto.

“ia juga menyoroti terkait Mobil Ambulance milik RSU Pongtiku yang ikut rombongan Bupati menghadiri kegiatan di Belopa yang mana Mobil Ambulance itu sangat diperlukan keberadaannya di Rumah Sakit, karena apabila tiba-tiba ada masalah terhadap pasien dirumah sakit pingtiku, apa yang mau di pakai,”ucapnya.

Mobil Ambulance milik RSUD Pongtiku tidak sembarang di gunakan kemanapun. Mobil Ambulance gunakan untuk orang sakit, bukan dipakai untuk kemana-mana yang tidak ada hubungannya dengan Rumah Sakit,”tegas Julianto Mapaliey Anggota DPRD Toraja Utara dari Fraksi Golkar.

Penulis : Eno
Editor  : Oki