News  

Bupati Tana Toraja Terima Bantuan Kegiatan Tahun Anggaran 2023 Sebesar Rp.4 Miliar Lebih Dari Kementan RI Di Acara Dialog Jaga Pangan

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Rombongan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian Dr Jan Samuel Maringka setelah berkunjung ke Kabupaten Tana Toraja, Jumat (03/03/2023), dan hari ini Sabtu (04/03/2023) Rombongan Irjen Kementerian RI berkunjung di Kabupaten Toraja Utara di sambut langsung oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang bersama Sekertaris Daerah, Salvius Pasang di Kantor Bupati Toraja Utara Marante.

Kunjungan Irjen Kementan RI, Jan Samuel Maringka dalam rangka Optimalisasi Fungsi Pengawasan di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja.

Dalam kunjungan Irjen Kementan RI di hadiri Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Kajari Tana Toraja, para Asisten dan beberapa kepala OPD Toraja Utara, Kelompok Tani Toraja Utara dan Tana Toraja.

Disela sela Kunjungan Irjen Kementan, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dalam sambutannya melaporkan bahwa wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara yang hampir sama dengan Toraja Utara lebih dominan pada sektor perkebunan dan tanaman holtikultura dan paliwija.

Theofilus juga menjelaskan bahwa luas wilayah Tana Toraja 2025 Km2, panjang 13.450 hektar lahan persawahan dan selebihnya adalah lahan perkebunan holtikultura dan palawija. “Komoditi Kopi dari dua kabupaten ini, selain itu juga kami memiliki sebiah prodak yang sangat slesifik dan bernilai ekonomi tinggi yaitu lombok katokkon. Ini konon lombok terpedas nomor dua di dunia yang buahnya sama dengan buah ceri,”ujar Bupati Tana Toraja.

Dijelaskan pula dalam dialog dengan para penyuluh bahwa nilai jualnya lombok katokkon adalah Rp.20 ribu/Kg. Sementara 1 pohon ini bisa menghasilkan 4 sampai 6 Kg per 5 bulan, jadi kalau setahun bisa mencapai 8 sampai 12 Kg. Sehingga dalam satu pohon itu bisa menghasilkan 240 ribu. Jika di kelola dengan baik maka 1 hektar itu bisa di tanami 7500 pohon. Jadi kalau 7500 pohon bisa menghasil Rp.1 Miliar lebih dengan biaya produksi 45 %, sehingga ini sangat menguntungkan.

“Dan ini kami sementara mengusulkan kerjasama dengan Bank Indonesia dan OJK, bagaimana mengelola dan memanfaatkan tanaman ini dari hulu sampai hilir dalam rangka pemberdayaan, pendapatan dan kesejahteraan dari petani kita.

Bupati Tana Toraja sangat mengharapkan dukungan dan bekap penuh dari kementerian pertanian, apalagi dengan kehadiran bapak Irjen Kementerian pertanian apabila kami merekomendasikan maka jadilah itu barang,”ungkap Theofilus Allorerung.

Disampaikan pula Bupati Tana Toraja bahwa selalu kita ribut masalah import beras dimasa inflasi dimasa sulit ini, jawahnya ini tidak akan jalan, tidak perlu ada sampai kepada kebijakan fiskal ini dan pertanian itu jalan selama ini. Oleh karena itu kita berharap bahwa dengan kebijakan terbatas ini, bagaimana kita mengoptimalkan pengolahan lahan yang ada sehingga bisa dapat memberi dampak yang luas bagi peningkatan Kesejahteraan petani-petani kita.

“Karena hampir-hampir belum ada petani kita yang kaya, yang kaya adalah pedagang pertanian. Sehingga inilah yang kita berharap ada keseimbangan antara petani dan para pedagang petani yang ada,”pungkas Theofilus Allorerung.

“Ia juga tak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada Bapak Irjen Kementerian Pertanian, Inspektur Wilayah dan Ispektur khusus kiranya kehadiran kita semua ini membawa secercah harapan bagi petani-petani kami yang ada di Toraja ini. Kami siap untuk meremajakan kopi, kami siap untuk hak dan penyanggah dari ibu kota Negara yang akan datang, karena itu topanglah kami, dukunglah kami sehingga anugerah alam yang ada di dua kabupeten ini benar-benar dapat menjadi saluran berkat bagi bangsa dan negara ini demi kejayaan Indonesia,”tutup Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.

Pada kesempatan itu pula, Irjen Kementerian Pertanian memberikan bantuan kegiatan untuk Tahun Anggaran 2023 kepada Pemerintah Kabupaten Tana Toraja sebesar Rp.4.145.260.000, (Empat Miliar Seratus Empat Puluh Lima Juta Dua Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah) yang di terima langsung oleh Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki