News  

DISHUB Kabupaten Tana Toraja dan PT. Sulsel Citra Indonesia Gelar Sosialisasi Operasi Kereta Api di Sulsel

TORAJA TIMES.NET – TANA TORAJA | Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Tana Toraja, Dr. Ir. Yunus Sirante, M.Si menghadiri sosialisasi Kereta Api Sulawesi Selatan di Ruang Pertemuan Dinas Perhubungan, Sabtu (21/01/2023) beberapa hari lalu.

Hadir dalam sosialisasi ini, Sekretaris Bappeda, Fransinetty Restu, SH.,M.Si. Kepala Dinas Perhubungan, Zeth Padaoan Giang, S.Sos.,M.AP. serta undangan lainnya.

Melalui sambutannya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan bahwa kehadiran kereta api menambah sirkulasi angkutan darat di Sulawesi Selatan khususnya bagi masyarakat Tana Toraja yang mobilitasnya ke Makassar cukup intens.

Hal senada disampaikan pula Kepala Dinas Perhubungan, Zeth Padaoan Giang, S.Sos.,M.AP. bahwa berdasarkan keberangkatan bis, setiap hari jumlah rata-rata masyarakat yang melakukan perjalanan ke Makassar sekitar 300 orang, belum termasuk yang menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini tentunya dapat menjadi acuan KAI untuk dapat segera membuka rute di Sulawesi Selatan,”tuturnya.

Sementara itu, Ikhlas Arman selaku perwakilan PT. Sulsel Citra Indonesia menjelaskan bahwa sosialisasi ini dilakukan karena Tana Toraja merupakan daerah tujuan wisata yang diharapkan nantinya akan menyumbang kenaikan jumlah penumpang Kereta Api,”jelasnya.

Di tambahkan bahwa rencana pengoperasian kereta api di Sulawesi Selatan akan dilaksanakan pada Mei tahun ini (2023) dengan 3 gerbong kereta yang berkapasitas 250 orang.

“ia berharap agar dengan adanya kereta api ini, masyarakat Tana Toraja akan lebih terbantu dalam hal perjalanan darat ke kota lain di provinsi Sulawesi Selatan,”ujarnya Ikhlas Arman.

Hal terpisah di sampaikan Anggota DPRD Tana Toraja dari Fraksi Demokrat Dr.Kristian HP Lambe, ST melalui via whatsAppnya bahwa dengan adanya Kereta Api di Sulawesi Selatan dapat mempercepat akses modal transportasi umum, lebih murah dan efektif.

“Saya berharap masyarakat Toraja mensuport dengan adanya kereta api ini sekaligus memuji langkah cepat pemerintah pusat menghadirkan kereta Api di Sulsel karena dapat mempercepat akses pereknonomian masyarakat pada umumnya,”pungkas Kristian HP Lambe.(*)

Penulis : Eno
Editor : Oki