News  

Empat Desa Wisata Toraja Utara Lolos 300 Besar Lomba ADWI 2023, Wakil Bupati : Dukungan Pihak Swasta dan Pemerintah di Harapkan

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Pada 30 Januari 2023 lalu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, resmi meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.
“Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kemenparekraf/Baparekraf. Tak hanya “berlomba”, ADWI 2023 diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

ADWI akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Sehingga, ke depannya mengangkat desa-desa di Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia, serta berdaya saing global dan berkelanjutan.

Di sisi lain, ADWI 2023 dapat menjadi daya tarik pariwisata Indonesia. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian desa tersebut, sekaligus menstimulasi kolaborasi antar unsur pentahelix (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media) demi kemajuan desa wisata.

Kabupaten Toraja Utara salah satu kabupaten yang mengikuti lomba ADWI 2023 di Kementerian Pariwisata. 8 Desa Wisata yang di daftarkan. Setelah di saring 5 Desa wisata masuk di 500 besar. Lalu kemudian di saring lagi ada 4 Desa wisata Toraja Utara masuk 300 besar. Dan kemudian adalagi penjaringan menjadi 100 besar dan terakhir menjadi 75 besar.

Desa Wisata yang masuk 300 besar yakni Desa Wisata Panta’nakan Lolo Kesu’, Desa Wisata Lolai, Desa Wisata Landorundun, Desa Wisata Sangbua.

Untuk masuk 75 besar lomba anigerah desa wisata mempunyai beberapa persyaratan yakni harus mempunyai home stay, toilet yang bersih, ada digital, ada CHSE untuk clean, kebersihan, kesehatan, Safety dan lingkungan, atraksi dan ekonomo kreatif seperti sovenir dan pruduk-produk lainnya, itu syarat mengikuti ADWI 2023.

“Dari 4 desa wisata yang lolos ADWI 2023, semua sudah memenuhi, tinggal bagaimana bergotong royong membenahi desa wisata ini. Sehingga nantinya dalam penjurian bisa mendapatkan juara di 75 besar.

Untuk memenuhi semua itu, harus berkolaborasi dengan banyak pihak terutama Dinas Pariwisata sendiri, pengurus desa wisata sendiri dari beberapa asosiasi atau organisasi yang bergerak di bidang pariwisata misalnya BMO, ASITA, HPI, PHRI dan dari MASATA sendiri.

“Dan dari MASATA sendiri akan turun membantu untuk membenahi dan mempersiapkan desa wisata ini. Dan juga berkolaborasi dengan Akademisi dari perguruan tinggi dan juga beberapa perusahaan seperti BUMN atau perusahaan lainnya yang bisa memberikan bantuan CSR untuk desa wisata.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong saat diminta tanggapannya terkait 4 desa wisata yang masuk 300 besar pada lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 mengatakan bahwa sangat bangga Toraja Utara bua masuk 300 besar, dan kita harapkan bisa tembus ke 75 besar nantinya.

Untuk itu selaku Pemerintah Toraja Utara sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat Toraja Utara dan semua pihak mendukung, agar nantinya 4 desa wisata ini dapat lolos di 75 besar dan mendapatkan juara.

“Kita bangga ada 4 desa wisata yang lolos 300 besar ADWI 2023. Semoga sukses masuk 10 besar nantinya. ADWI akan mendorong peningkatan fasilitas dan promosi produk serta pariwisata desa tersebut. Tentu saja bantuan pihak swasta dan pemerintah akan masuk,”pungka Wakil Bupati Toraja Utara kepada media Toraja Times.net, Selasa (21/03/2023). (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki