News  

IKT Mimika Papua Ramaikan Perayaan 110 Tahun IMT, YUSUF ROMBE : Siap Maju Calon Bupati Toraja Utara, Jika di Inginkan Masyarakat dan Tokoh Toraja Utara

TORAJA TIMES.COM – TORAJA UTARA | Ketua IKT Kabupaten Mimika Propinsi Papua, Yusuf Rombe hadiri perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT) dengan bersama pengurus IKT Mimika sampai dengan Penutupan Perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja.

Yusuf Rombe yang juga koordinator Kontingen dari Mimika Papua membawa ratusan masyarakat Toraja dan masyarakat Mimika untuk bersama menghadiri perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT) di Kabupaten Toraja Utara.

Ketua IKT Mimika Papua ini tidak hanya sekedar menghadiri Perayaan, tetapi beliau juga membawa masyarakat Mimika Papua untuk mengikuti Parade Nusantara dan mengisi beberapa tarian Papua dari Mimika di acara Perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja yang di gelar selama 10 hari oleh Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja.

“Yusuf Rombe atau Biasa di sebut Bapak Lika (Pong Lika) ini dikenal sebagai seorang pengusaha (Kontraktor) di Mimika Papua dan daerah lainnya.

Diketahui bahwa, sebelum menjabat sebagai Ketua IKT Mimika Papua, Yusuf Rombe banyak aktif bersama masyarakat Toraja di semua kegiatan-kegiatan masyarakat Toraja baik di Mimika, se Papua, Papua Barat dan di daerah lainnya termasuk kegiatan masyarakat Toraja yang ada di Jakarta, Kalimantan dan secara khusus di Kabupaten Toraja Utara.

Media TorajaTimes.net beberapa hari lalu menemui Ketua IKT Mimika Papua Yusuf Rombe (Bapak Lika) di kediamannya Jalan Poros Tallunglipu Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara mengatakan bahwa dengan digelarnya Perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja memberikan energi positif bagi masyarakat Toraja.

“Dengan dilaksanakannya Perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja, Ketua IKT Mimika Papua meyampaikan agar Pelayanan Gereja Toraja lebih di tingkatkan lagi sesuai dengan asas dan misi Gereja Toraja itu sendiri.

Ditanyakan terkait Kesiapannya untuk maju sebagai Calon Bupati Toraja Utara pada Pilkada 2024 mendatang, Ketua IKT Mimika Papua ini mengatakan bahwa jika di percaya oleh Masyarakat Toraja Utara yang ada di Toraja Utara maupun di Perantauan, secara pribadi dan keluarga saya siap untuk itu,”ucap Yusuf Rombe (Bapak Lika) kepada Media Toraja Times.net.

Ketua IKT Mimika Papua ini menegaskan lagi bahwa terkait kesiapannya untuk maju sebagai Calon Bupati Toraja Utara pada Pilkada 2024 mendatang, ia masih melihat perkembangan kedepan, kalau memang masyarakat dan Tokoh-Tokoh Toraja menginginkan kenapa tidak. Karena kalau mau maju calon Bupati Toraja Utara jangan asal maju saja, kita maju untuk menang.

Ia menambahkan bahwa Tujuannya untuk maju sebagai Calon Bupati Toraja Utara adalah bagaimana menyatukan dulu konsep atau pikiran-pikiran masyarakat Toraja Utara, baik yang ada di Toraja Utara itu sendiri maupun yang berada di Perantauan. Karena tujuannya adalah bagaimana membawa Toraja Utara ini lebih baik kedepan, banyak potensi yang harus bangun dan dikembangkan di Toraja Utara termasuk Parwisata karena Toraja dikenal pariwisatanya.

Selain Pariwisata yang harus dikembangkan, Sumber Daya Manusianya juga sangat penting, seperti meningkatkan mutu Pendidikan sehingga anak-anak dan adik-adik kita lebih pinta dan cerdas kedepan.
“Ya, kita tau bahwa Pendidikan di Toraja Utara sangat menurun dibanding pada periode-peride sebelummnya,”ungkapnya.

Pendikan di Toraja Utara dulunya masuk 10 besar dari 24 Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan, sekarang Pendidikan kita tidak masuk lagi 10 besar. Jadi ini yang harus menjadi prioritas kedepan,”pungkas Yusuf Rombe kepada Media TorajaTimes.net. (*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki