News  

Jalan Poros Nasional Rantepao – Bolu Kabupaten Toraja Utara Rusak Parah, Masyarakat Pengendara Minta Perhatian Menteri PUPR

TORAJA TIMES.NET, Toraja Utara | Jelang Natal dan Tahun Baru tinggal beberapa hari lagi, jalan poros Nasional Rantepao – Bolu belum juga ada tanda-tanda tersentuh perbaikan dari Balai Jalan P2JN Makassar.

Terlihat poros jalan Nasional Rantepao – Bolu yang sudah hampir sekian tahun mengalami kerusakan yang berlubang yang di atasnya tergenang air bujan maupun air dari drainase tanah.

Masyarakat yang tinggal sekitar jalan poros nasional ini keluhkan jalan yang berada di depan rumahnya selalu mendapatkan percikan air apabila kendaraan roda empat melintas.

Jalan poros nasional ini adalah jalan satu-satunya jalan yang mengjubungkan Kotamadya Palopo, sehingga di butuhkan perhatian Pemerintah Pusat atau Menteri PUPR melalui P2JN sebagai penanggungjawab teknis terhadap perbaikan jalan poros nasional.

Media Toraja Times.Net saat mengambil gambar di lapangan, Rabu (21/12/2022) meminta pendapat kepada masyarakat pengendara roda dua dan roda empat yang melintas mengatakan bahwa jalan ini sangat tidak nyaman di lalui karna sekitar 300 meter lebih mengalami kerusakan dan berlubang. Setiap hari kami lewati jalan ini, dan hari- hari juga menginjak lobang jalan ini. Untung saja hari ini tidak macet, biasanya selalu macet di jalan poros ini. Karena kativitas masyarakat sangat tinggi,”ujar bapak Martinus dan Ibu Veronika.

Disampaikan pula bahwa bulan Desember ini sangat padat, karena perantau toraja pulang berlibur dan merayalan natal bersama keluarga. Belum lagi kunjungan wisata baik dari domestik maupun dari mancanegara. Nah kalau jalannya rusak parah dan berlubang pasti para tamu yang berkunjung bertanya, kok toraja seperti ini jalannya,”tutur ibu Veronika.

Dia berharap kepada Menteri PUPR dan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan agar segera memperbaiki jalan kami di Toraja, karena jalan ini merupakan Jalan Nasional. Jadi kami minta dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah untuk memperbaiki atau tambal saja kalau tidak bisa di aspal baru,”pungkasnya. Eno