News  

KPU Toraja Utara Sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Hadirkan Para Penyuluh Keagamaan Se Kabupaten Toraja Utara Di Heritage Hotel Senin 26 Desember 2022

TORAJA TIMES.NET, Toraja Utara | Komisi Pemiliham Umum (KPU) Toraja Utara melaksanakan Sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 kepada Penyuluh Keagamaan se Kabupaten Toraja Utara bertempat di Heritage Toraja Hotel, Senin (26/12/2022).

Pada pelaksanaan sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, KPU Toraja Utara mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2022 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dan perjanjian kerjasama antara KPU Kabupaten Toraja Utara dan Kemeterian Agama Kabupaten Toraja Utara tentang Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

Anshar Tangkesalu Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Toraja Utara mengatakan bahwa dengan pelaksanaan ini di harapkan kepada seluruh Penyuluh Kementerian Keagamaan dapat menghadiri kegiatan ini.

Diterangkan bahwa Rakyat sebagai pemilik sebuah negara, tentunya mereka harus merawatnya dan menjaganya agar tetap utuh. Bagaimana cara merawat dan menjaga suatu negarah ya salah satunya kita harus ikut berpartisipasi dan mengawal proses perhelatan demokrasi yaitu pemilu serentak 14 Februari 2024 dan Pemilihan serentak 27 November 2024 yang sementara ini tengah berjalan untuk menentukan pemimpin kita yang akan menjadi Nahkoda bangsa dan daerah kita selama 5 tahun kedepan,”ucapnya.

“Ia juga menyampaikan bahwa KPU Toraja Utara sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten tentunya terus melakukan upaya bagaimana sehingga masyarakat Toraja Utara semakin bijak dan lebih meningkatkan cara berdemokrasi yang lebih baik lagi, tidak hanya ke TPS saat pemungutan suara namun masyarakat harus turut aktif berpartisipasi dalam menyukseskan seluruh rangkaian tahapan pemilu dan pemilihan serta masyarakat harus mengetahui bagaimana menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas pula,”tuturnya.

Salah satu upaya KPU Toraja Utara adalah menggandeng rekan-rekan wartawan dan para penyuluh agama.
“Dengan melibatkan rekan rekan wartawan merupakan hal yang strategis karna media adalah salah satu ujung tombak pemberitaan informasi langsung ke masyarakat, bagaimana masyarakat dapat mengetahui informasi terkait tahapan pemilu kalau bukan dari media, tanpa media penyelenggara pemilu tentunya akan menjadi kewalahan dalam menyampaikan informasi langsung ke masyarakat olehnya itu penyelenggara pemilu harus bersinergi bersama media,”ungkap Ansar Tangkesalu.

Begitu juga dengan para penyuluh agama yang ada di Toraja Utara mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat nah tentunya disamping melaksanakan tugasnya sebagai penyuluh agama mereka juga dapat melaksan sosialisasi dan pendidikan pemilih di masyarakat olehnya itu penting bagi KPU Toraja Utara memberikan pembekalan terkait kepemiluan untuk menjadi bekal rekan rekan penyuluh agama di masyarakat nantinya,”tutup Anshar Tangkesalu ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM. (*Eno)