News  

Lima Tahun Tidak Terawat, Dandim 1414/Tator Bersama Forkopimda dan Pemuda Toraja Bersihkan dan Benahi Tugu Salib Di Gunung Singki

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Kodim 1414 Tana Toraja bersama Forkopimda Kabupaten Toraja Utara gelar Apel bersama yang di pimpin langsung oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang di halaman Gereja Toraja Jemaat Rantepao yang juga dihadiri masyarakat dan Para Pemuda, Jumat 17 Februari 2023.

Usai gelar Apel bersama, Bupati Toraja Utara, Kodim 1414/Tator, Polres Toraja Utara, Kejaksaan Negeri Makale Tana Toraja Cabang Rantepao, masyarakat dan para Pemuda membagi beberapa sektor untuk melaksanakan pembersihan di Kota Rantepao.

Dandim 1414/Tator bersama Forkopimda Toraja Utara di bantu para Pemuda melaksanakan pembersihan dan pembenahan di Tugu Salib Singki’ Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Dandim 1414/Tator, Letkol Inf Monfi Ade Candra bersama personilnya sangat antusias membenahi Tugu Salib tersebut, di mana terlihat antusias dan semangatnya untuk mengangkat material dari bawah gerbang sampai puncak gunung Singki’.

“Terlihat Dandim 1414/Tator Letkol Inf Monfi Ade Candra bersama Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso dan Ketua Badan Pekerja Sinode Pendeta Alfred Anggui mengangkat atap seng dari mulai gerbang masuk sampai puncak Tugu Salib.

Dandim 1414/Tator Letkol Inf Monfi Ade Candra mengatakan bahwa dengan adanya gotong royong antara Forkopimda dan Pemuda Toraja, kita berharap bukan hanya kali ini atau di tempat ini kita bersama-sama melaksanakan gotong royong, tetapi dimana saja kita harus saling membantu,”ucapnya.

“ia juga menyampaikan bahwa dengan partisipasi pemuda Toraja ini sangat membantu dalam membersihkan Tugu Salib,”tuturnya.

Terlihat bahwa Kondisi objek wisata Patung Salib Singki’ ini yang tidak terawat dan lama tidak terurus. Sehingga Pemerintah, Kodim Tator 1414/Tator, Polres Toraja Utara, Pemuda Toraja bersama-sama melaksanakan pembersihan dan memperbaiki beberapa yang terlihat rusak berat. Ini sekaligus di rangkaikan untuk memperingati kegiatan 110 Injil Masuk Toraja,”pungkas Letkol Inf Monfi Ade Candra.

Ditambahkan Monfi Ade Candra bahwa kondisi Tugu Salib ini sudah lama terbengkalai dan tidak pernah terurus selama 5 Tahun, ini terlihat dari bangunan longa yang mirip rumah Tongkonan kini sudah lapuk dan rapuh,”jelas Dandim.

“untuk diketahui bahwa Tugu Salib tersebut merupakan Ikon Kota Rantepao yang berada di Kabupaten Toraja Utara. Kami berharap Tugu Salib di Gunung Singki’ ini dapat di perbaiki dan di rawat sehingga Tugu Salib menjadi salah satu Objek Wisata yang berada dalam Kota Rantepao,”tutur Letkol Monfi Ade Candra.

“Tak hanya itu, kondisi sekitar Tugu tersebut sudah di kerumuni Rumput yang tinggi dan Pohon pohon liar yang tumbuh tanpa adanya pembersihan sama sekali. Dengan semangat kami dari Kodim 1414/Tator bersama seluruh Forkopimda Toraja Utara dan Pemuda Toraja, kami hari ini dapat membersihkan Tugu Salib di Gunung Singki’ Kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.(*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki