News  

Optimis PAD Tahun 2023 Capai 100 Persen, SEKDA Toraja Utara Salvius Pasang Pimpin Rapat Evaluasi PAD

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Toraja Utara melaksanakan rapat evuluasi terkait sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Tahun 2023 bertempat lantai 2 kantor Bupati Toraja Utara, Kamis (02/02/2023).

Rapat Evaluasi di pimpin langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toraja Utara yang juga Ketua TAPD Toraja Utara, Salvius Pasang di dampingi Asisten, Plt Kepala Inspektur Inspektorat Kabupaten Toraja Utara Joni Kantong dan di hadiri para OPD pengelola PAD, Dirketur PDAM Toraja Utara dan, Perumda Mekar Sejahtera pengelola retribusi Parkir dan Pupuk serta Kepala PLN Toraja Utara.

Dalam pertemuan tersebut Sekda Toraja Utara Salvius Pasang mengatakan bahwa rapat evaluasi PAD ini digelar setiap tanggal 2. Ini di maksud bagaimana target PAD per OPD yang sudah di susun bersama, agar bisa tercapai sesuai target 100 % sampai 31 Desember 2023.

Pada Evaluasi PAD yang di gelar setiap bulannya, Sekda bersama Kepala Bapenda memastikan pendapatan setiap OPD sudah harus di laporkan dan di setorkan setiap bulannya, ini untuk memenuhi target PAD pada pengelola PAD yang ada di masing-masing OPD,”jelas Salvius Pasang.

Dalam kesempatan itu juga, Sekda memberikan kesempatan kepada OPD selaku pengelola untuk menyampaikan target laporannya di awal Januari, apakah target di bulan Januari dapat terpenuhi sehingga sampai di akhir tahun nantinya akan realisasi 100 %.

Pada pertemuan Evaluasi PAD, Pemerintah juga menghadirkan Kepala PLN Toraja Utara, Pimpinan Perumda Mekar Sejahtera dan Direktur PDAM Toraja Utara.

“Untuk PDAM Toraja Utara target PAD untuk tahun 2023 sebesar Rp1,5 Miliar dan sudah menyetorkan sebesar Rp125 juta untuk bulan Januari 2023. Direktur PDAM Toraja Utara Moses Limbongan Optimis bisa capai target satu tahun sebesar Rp1,5 Miliar.

Disampaikan Direktur PDAM Toraja Utara bahwa sumbangsi PDAM terhadap Pemerintah untuk kebaikan kita semua dan untuk masyarakat Toraja Utara,”ujar Moses.

Sementara beberapa OPD lainnya belum dapat memenuhi target PAD untuk bulan Januari 2023, sehingga Sekda Toraja Utara memberikan arahan agar terus maksimalkan pada bulan bulan berikutnya sehingga nantinya pada bulan Desember seluruh OPD dapat capai 100 %,”ungkapnya.

“Saya minta kepada semua OPD pengelola PAD agar memaksimalkan target yang sudah di sepakati bersama, karena ini mendukung semua kegiatan yang ada di semua OPD,”ujarnya.

Ditambahkan Salvius Pasang bahwa apabila semua OPD memaksimalkan target PAD setiap bulan sampai akhir tahun, maka saya optimis PAD kita dapat tercapai 100 % sebesar Rp.77 Miliar bahkan bisa capai surplus,”pungkas Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua TAPD Toraja Utara. (*)

Penulis : Eno
Editor   : Oki