News  

Peringati HUT Satpol PP dan Satlinmas, Kemendagri Gelar Rakornas

TORAJA TIMES.NET – MAKASSAR | Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Ballroom Hotel Claro, Makassar, Kamis (2/3/2023). Rakornas tersebut mengusung tema “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satpol PP dan Satlinmas yang Profesional”.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo meminta jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar sigap dan waspada dalam membantu menjaga stabilitas ekonomi dan politik. Pihak-pihak tersebut didorong agar bahu-membahu dalam melahirkan praktik baik, adaptif, dan implementatif untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama pemerintah, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja dan selamat ulang tahun ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat,” ujar Wempi saat membuka Rakornas tersebut.

Dirinya mengaku bangga sekaligus memberikan penghargaan tinggi kepada Satpol PP dan Satlinmas atas pengabdian dan pelayanan tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram, dan aman kepada masyarakat. Dia berpesan agar Satpol PP dan Satlinmas tetap bersemangat dalam menjalankan tugas serta mengedepankan sikap humanis, berwibawa, dan juga tegas.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Safrizal ZA mengatakan, di dalam Rakornas tersebut turut dibahas isu-isu penting mengenai Satpol PP dan Satlinmas. Dia tak memungkiri, selama ini kekuatan Satpol PP ditopang oleh jajaran pegawai Non-Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk itu, persoalan pembiayaannya perlu dicarikan solusi bersama.

Dirinya juga menekankan, berkaitan dengan status kepegawaian Satpol PP, pemerintah tengah mengupayakan solusi terbaik melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Safrizal juga mengatakan, keberadaan Satpol PP sangat penting bagi daerah. Sebab, Satpol PP memiliki peran dalam menegakkan peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah (Perkada). Karenanya, dia mengimbau agar pendanaan untuk aparatur Satpol PP dapat dibantu oleh daerah.

Di lain sisi, peran Satpol PP juga terlihat dalam membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Satpol PP banyak membantu menertibkan atribut kampaye usai Pemilu berlangsung.

“Untuk itu, Safrizal mendorong agar Satpol PP dapat diperkuat perannya dalam menjalankan fungsi-fungsi lain yang diperintahkan pemerintah.

“Apresiasi oleh negara oleh pemerintah kepada Satpol PP yang bertugas menjamin bahwa PPKM berjalan dengan baik. Untuk ini kesuksesan kita share, di samping juga ada TNI/Polri, tenaga kesehatan, Satpol PP dan Linmas bekerja dengan baik,” pungkasnya.(*)

Sumber : Humas Kemendagri

Editor  : Oki / Eno