News  

Tata dan Benahi Tempat Objek Wisata, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara : Tahun 2023 Optimis Kunjungan Wisata Meningkat

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara, Matius Sampelalong, SE,.MM saat ditemui wartawan torajatimes.net di kantor Bupati Toraja Utara Lantai 2 Marante, Rabu 8 Februari 2023 terkait pengelolaan Objek Wisata yang ada di Kabupaten Toraja Utara, ia mengatakan bahwa tempat-tempat Objek Wisata yang ada di Toraja Utara adalah milik Tongkonan yang di kelola oleh yayasan yang dibentuk.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tidak mengelola tempat-tempat objek wisata karena itu milik Tongkonan yang di kelola oleh Yayasan setempat,”ujar Matius Sampelalong, Rabu (08/02/2023)

“terkait sumber pendapatan yang di kelola oleh yayasan, ada pembagian hasil yang di sepakati antara Pemerintah dan yayasan selaku pengelola Objek Wisata.

Disampaikan pula bahwa ada beberapa Objek Wisata di Toraja Utara yang rutin dan terbesar memberikan kontribusi kepada Pemerintah, seperti Objek Wisata Kete’ Kesu’, dan Londa. “untuk Objek Wisata yang lain seperti Lo’komata di Sesean Suloara’, Salib Singki dan yang lainnya, kami sementara dalam pembenahan di Tahun 2023 ini,”ungkap Matius Sampelalong.

Ditanyakan bahwa apakah ada rencana Pemerintah Toraja Utara di Tahun 2023 mengadakan Objek Wisata yang milik Pemerintah. “ia menjelaskan bahwa Pemerintah Toraja Utara belum ada rencana untuk itu, yang ada adalah Dinas Pariwisata akan menata dan membenahi seluruh Objek Wisata yang selama ini tidak pernah di kelola dan memperbaiki yang sudah ada.

“jadi kalau semua sudah kami tata dan benahi, maka Objek Wisata akan menjadi sumber utama pendapatan daerah. Karena kita tau bahwa Toraja Utara adalah daerah Wisata untuk Kawasan Indonesia Timur,”pungkas Matius Sampelalong.

Program Pemerintah Toraja Utara melalui Dinas Pariwisata untuk Tahun 2023 akan terus mengembangkan dan mempromosikan tempat-tempat Wisata, sehingga di Tahun ini akan banyak kunjungan Wisata baik wisatawan Domestik maupun wisatawan mancanegara,”tutup Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Matius Sampelalong.

Penulis : Eno
Editor  : Oki