News  

Tunggakan Listrik Pemkab Toraja Utara Tahun 2022 Lunas Sampai Januari 2023, Kepala PLN Toraja Utara Tommy Ahmad : Program PJU PLN di Lembang Tersedia

TORAJA TIMES.NET – TORAJA UTARA | Kepala PLN Kabupaten Toraja Utara, Tommy Ahmad menghadiri Rapat Evaluasi PAD Tahun 2023 Kabupaten Toraja Utara yang di laksanakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Toraja Utara yang di pimpin langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toraja Utara, Salvius Pasang di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Bupati Toraja Utara di Marante, Kamis (02/02/2023).

Terkait rapat evaluasi PAD, Kepala PLN Toraja Utara Tommy Ahmad yang di temui Toraja Times.net usai mengikuti pertemuan bersama Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mengatakan bahwa untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) yang di pakai oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sudah di kami sepakati bersama untuk melakukan survei berapa banyak titik lampu penerangan jalan umum (PJU) yang di gunakan oleh Pemerintah Daerah.

“Ditanyakan bahwa berapa berapa titik lampu PJU yang di gunakan oleh Pemerintah Daerah, Kepala PLN mengatakan bahwa kami sudah membahas bersama dan akan dilakukan survwi bersama untuk mengetahui titik-titiknya berapa lampu yang masih menyala dan mana yang tidak menyala dan yang mana titik titik yang tidak di gunakan lagi dan mana yang akan di gantikan balonnya agar dapat di gunakan oleh masyarakat,”ucap Tommy Ahmad.

“Makanya saya juga sampaikan kalau bisa di percepat surveinya kalau bisa satu atau dua bulan ini bisa selesai surveinya sehingga kita bisa menghitung kembali berapa kewajiban pemerintah daerah dalam hal pembayaran rekening listrik,”ungkap Kepala PLN Toraja Utara Tommy Ahmad.

Tommy Ahmad juga menyampaikan bahwa untuk melakukan Survei bersama di butuhkan waktu kurang lebih dua bulanan, melihat Toraja Utara ini cukup luas sehingga kita dapat mengetahui berapa besaran dari penggunaan titik lampu PJU.

Besaran dapat di ketahui berdasarkan hasil survei nantinya, apakah bertambah atau berkurang sehingga kita dapat tindaklanjuti hasilnya seperti itu, ujarnya.

Terkait yang pernah di sampaikan oleh Kepala BPKAD beberapa bulan lalu masalah pembayaran listrik pemerintah kepada PLN itu masalah komunikasi saja, karena ada penyesuaian tarif dari pusat sehingga anggaran Pemerintah Daerah berkurang. Tapi kami terus lakukan komunikasi terus sehingga pada bulan Desember Tahun 2022 sudah selesai terbayar, termasuk bulan Januari 2023 ini juga sudah terbayar,”tutur Kepala PLN Toraja Utara Tommy Ahmad.

“hubungan kami dengan Pemerintah Daerah baik dan lancar, dan sudah tidak ada lagi tunggakan pembayaran oleh Pemerintah Daerah,”ungkap Tommy Ahmad.

Ditambahkan Tommy Ahmad bahwa kalau ada lampu jalan yang rusak atau putus laporkan ke dinas terkait sehingga dilakukan perbaikan bersama. Terutama titik titik yang krusial, krusial yang di maksud dimana titik yang rawan kecelakaan dan rawan kejahatan itu yang paling utama itu saran saya.

“untuk program PJU PLN Kabupaten Toraja Utara di Tahun 2023 ini masih tetap ada, dan sudah berjalan beberapa tahun, dan tahun ini 2023 masih ada, hanya saja program PJU dari PLN Toraja Utara hanya menanggung meteran pra bayar, untuk balon (lampu) dan instalasinya di tanggung oleh masyarakat,”pungkas Tommy.

Jadi kalau masyarakat mau memasang PJU bisa mengajukan, melalui Pemerintah Lembang bisa bersurat kepada PLN Toeaja Utara dan cantumkan jalan mana atau lorong mana yang di butuhkan, tapi PLN hanya menanggung Meteran saja, untuk lampu dan instalasinya di tanggung oleh Pemerintah Lembang atau masyarakat,”tutup Kepala PLN Toraja Utara Tommy Ahmad.(*)

Penulis : Eno
Editor  : Oki